Sukses

Parenting

Mengoptimalkan Perkembangan Bayi 3 Bulan, Simak 4 Tipsnya yuk!

Fimela.com, Jakarta Tak terasa si kecil sudah berusia tiga bulan. Pada usia tiga bulan, bayi sudah mulai lebih aktif memegang dan meraih sesuatu. Indera penglihatannya pun makin meningkat.

Untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi berusia tiga bulan, ada beberapa tips sederhana yang bisa kita. Dikutip dari mother.ly, ada empat tips dasar yang bisa kita coba untuk memaksimalkan perkembangannya. Selengkapnya, yuk simak infonya berikut ini.

1. Perkenalkan berbagai hal yang ada di sekitarnya

Saat mengajaknya berkeliling atau menggendongnya sambil jalan-jalan, kita bisa sambil memperkenalkan berbagai hal yang ada di sekitarnya. Narasikan berbagai hal menarik yang dilihat. Sentuh dan lihat lebih dekat setiap objek yang menarik perhatian.

2. Beri mainan yang menyala dan bersuara

Bayi mulai menikmati dan meresepon berbagai ekspresi wajah dan suara. Dia juga makin suka mengeksplorasi segala sesuatu yang ada. Coba beri ia mainan yang menyala dan/atau bersuara. Sehingga ia bisa lebih semangat dalam menggoyangkan atau menggerakkannya.

3. Tirukan suara-suara

Perkenalkan suara-suara hewan. Si kecil sudah akan mulai bisa menirukan suara yang ia dengar. Pada usia tiga bulan, bayi mungkin akan mulai mengoceh. Di sinilah kita bisa bantu mengarahkannya untuk menirukan suara-suara yang mudah untuk menstimulasi kemampuan berbicaranya.

4. Beri mainan yang aman digigit dan dipukulkan

Instingnya untuk mengeksplorasi berbagai hal baru makin tinggi. Mainan yang kita berikan padanya pun jangan sampai sembarangan. Pilih jenis mainan yang aman digigit, dipegang, atau dipukulkan. Dari sini kemampuan motoriknya pun akan terasah.

Setiap bulannya, bayi akan menunjukkan sejumlah peningkatan. Kita sebagai orangtua perlu mengoptimalkan setiap fase perkembangannya agar ia bisa tumbuh jadi anak yang cerdas dan sehat.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Madu Memang Menyehatkan, tapi Jangan Buru-Buru Diberikan pada Bayi