Sukses

Parenting

Mengoptimalkan Perkembangan Balita 18-24 Bulan, Berikut Tipsnya!

Fimela.com, Jakarta Sebagian besar anak mungkin sudah bisa berjalan dan berlari pada usia 18 bulan. Pada usia 24 bulan, anak pun mungkin sudah bisa melakukan banyak hal sendiri seperti minum dengan gelas dan makan menggunakan sendok. Kemampuannya memakai baju sendiri juga sudah lebih baik.

Kebiasaan makan anak juga mungkin berubah. Ada yang lebih picky dan rewel soal makanan. Pada usia 18-24 bulan, anak pun bisa mulai disiapkan untuk melakukan toilet training. Dilansir dari pregnancybirthbaby.org.au, pada usia ini anak juga sudah bisa merasakan emosi seperti marah, malu, dan senang. Dia juga bisa mulai tantrum bila ada sesuatu berjalan tak sesuai dengan keinginannya.

Untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembangnya pada usia 18-24 bulan, ada beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan, seperti:

1. Mengapresiasi usahanya. Sesekali kita perlu memberi pujian atas upaya atau kerja keras yang dilakukan anak karena bisa melakukan sesuatu. Sehingga anak pun akan lebih percaya diri untuk mencoba hal-hal baru dan meningkatkan kemampuannya.

2. Izinkan anak mengeksplorasi berbagai hal dengan caranya sendiri. Kita tak harus selalu membantu atau memudahkan cara anak untuk melakukan sesuatu. Bantu ia untuk menjadi lebih mandiri dan percaya diri dengan mengizinkannya menjelajahi hal-hal baru dengan cara yang paling disukainya.

3. Bacakan cerita dengan lantang (redaing aloud). Selain lebih sering mengajak anak bicara, kita juga bisa membacakan cerita untuknya. Cara ini secara tidak langsung bisa membantu anak untuk menggunakan lebih banyak kata dan berkomunikasi lebih baik.

Pada usia 18-24 bulan, balita umumnya juga membutuhkan waktu tidur 12-13 jam per harinya. Kita perlu mempertimbangkan untuk menghubungi atau berkonsultasi dengan dokter bila pada usia 24 bulan anak belum bisa merangkai kalimat dengan dua kata/frase, belum bisa memahami kata perintah, belum bisa berjalan dengan baik, tidak paham fungsi benda-benda umum di sekitarnya seperti sikat gigi dan sendok, dan kehilangan kemampuan yang sebelumnya sudah dimiliki.

Semoga info ini bisa jadi salah satu referensi bermanfaat yang bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembang buah hati tercinta kita, ya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengoptimalkan Perkembangan Bayi 12-18 Bulan, Simak Tipsnya yuk!
Artikel Selanjutnya
Manfaat Bermain Imajinasi untuk Perkembangan Si Kecil