Sukses

Parenting

Sering Haid Lebih dari Sekali Dalam Sebulan? Ini Kemungkinan Penyebabnya

Fimela.com, Jakarta Haid atau menstruasi umumnya datang sebulan sekali. Lalu, bagaimana jika ada yang mengalaminya lebih dari sekali dalam sebulan?

Haid yang berlebihan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, namun faktor yang paling mempengaruhi adalah terjadinya ketidakseimbangan hormon.

Nah, berikut ini adalah sebab lain mengapa haid bisa terjadi lebih dari sekali dalam sebulan.

Stres jadi penyebab utama menstruasi lebih dari sekali dalam sebulan.

  • Yang pertama adalah karena stres. Stres adalah masalah paling umum yang berpengaruh pada perubahan siklus menstruasi. Menstruasi jadi tak teratur, bisa telat atau bosa juga berlebihan.
  • Perubahan berat badan yang cukup drastis juga bisa jadi penyebab menstruasi tidak teratur. Penurunan atau pertambahan berat badan yang berlebihan alias terlalu ekstrem dan cepat akan bisa mengganggu siklus menstruasi.
  • PCOS alias kelainan hormonal juga bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur.
  • Penggunaan pil KB juga bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur. Perempuan yang baru lepas pil KB akan mengalami siklus yang tidak teratur.

Beberapa penyakit lain juga bisa jadi sebab menstruasi tidak lancar. Jika ini terjadi berulang kali ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tetap Seksi Saat Menstruasi dengan Lingerie Period Proof
Artikel Selanjutnya
Begini Langkah Membersihkan Cup Menstruasi