Sukses

Parenting

Mengapa Stres Bisa Sebabkan Menstruasi Tak Teratur?

Fimela.com, Jakarta Setiap bulan setiap perempuan yang normal akan mengalami menstruasi. Siklus ini biasanya memang datangnya teratur. Tapi karena suatu hal dan yang lainnya, menstruasi jadi tidak teratur. Salah satu sebabnya adalah stres.

Stres bisa membuat siklus menstruasi kacau dan terlambat hingga berminggu-minggu lamanya. Siklus menstruasi yang berhenti sementara waktu ini disebut sebagai secondary amenorrhea.

Jika mengalami kondisi ini sampai berbulan-bulan sebaiknya segera menuju ke dokter. Berikut adalah penjelasan mengapa stres bisa memengaruhi siklus menstruasi.

Stres sebabkan menstruasi terlambat.

Stres memiliki pengaruh yang besar dalam menekan fungsi hipotalamus. Hipotalamus ini bisa mengontrol kelenjar di bawah otak (pituitari) dan sekaligus mengontrol tiroid dan kelenjar adrenal sekaligus ovarium. Gangguan pada ovariaum akan menyebabkan sejumlah masalah yang berhubungan dengan produksi estrogen, ovulasi, dan proses reproduksi lainnya. Jika ada gangguan dalam produksi estrogen dan ovarium, siklus menstruasi pun akan ikut bermasalah.

Jangan mudah stres dan tertekan jika ingin selalu sehat dan siklus menstruasi lancar. Semoga tips ini bermanfaat untukmu.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Ilmiah Mengapa Jerawat Muncul saat Menstruasi
Artikel Selanjutnya
Sering Haid Lebih dari Sekali Dalam Sebulan? Ini Kemungkinan Penyebabnya