Sukses

Parenting

3 Aspek Penting Pertumbuhan Anak Sehat dan Berkualitas

Fimela.com, Jakarta Tidak ada orangtua yang tidak ingin pertumbuhan anak yang sehat. Dengan harapan bahwa anaknya bisa memiliki masa depan yang baik. Dari segi nutrisi, aktivtas, pengembangan kreativitas, perencanaan kuangan, serta pola pengasuhan anak yang baik.

Dalam sebuah acara, ahli gizi Emilia Achmadi, MS., RDN mengungkapkan bahwa pertumbuhan anak yang sehat dan berkualitas harus memenuhi tiga aspek. Apa saja?

1. Tidur

Orang dewasa saja membutuhkan tidur yang cukup untuk mengembalikan dan memperbaiki sel yang rusak dalam tubuh. Sehingga keesokan hari bisa mendapatkan tumbuh yang lebih segar. Terlebih anak-anak yang masih dalam masa tumbuh kembang.

Penting untuk menjaga pola tidur anak yang berkualitas. Pasalnya, pertumbuhan anak diproduksi ketika mereka tidur. Ketika mereka tidak mendapat tidur cukup makan produksi hormon ini menjadi terganggu. Sementara, kebanyakan anak saat ini akan tertidur dengan gadget. Artinya, mereka tidur dengan aktivitas otak yang dibuat belum untuk istirahat.

 

Aspek dari anak sehat dan berkualitas

2. Aktivitas Fisik

Di Jakarta mungkin tidak banyak lahan bermain yang bisa dimanfaatkan oleh anak-anak. Namun seiring berjalannya waktu, banyak mall maupun pihak tertentu yang membuka lahan untuk anak bermain dan beraktivitas. Salah satunya dengan Greenfields Family Land yang dibuka pada 3-4 Agustus 2019.

Dengan membawa anak beraktivitas di luar ruangan akan ada banyak manfaat yang bisa diperoleh. Yakni mengurangi konsumsi gadget pada anak, menyalurkan energi berlebih, sekaligus mengasah kreativitas anak.

3. Pilihan makanan

Banyak anak yang kini lebih memilih makanan siap saji dariapda makanan alami yang less process. Padahal nutrisi yang ada pada makanan siap saji tidak mampu mencukupi kebutuhan nutrisi pada anak. Dairy product seperti susu murni bisa menjadi altenatif pilihan makanan yang tepat.

Susu sendiri mengadong makro dan mikro nutrisi serta vitamin yang dibutuhkan oleh anak. Ia juga tidak menggemukkan karena kalori yang ada pada susu murni bisa dihitung.

Simak video berikut ini

#GrowFearless with Fimela

Loading
Artikel Selanjutnya
Peran Zat Besi dalam Tumbuh Kembang Anak
Artikel Selanjutnya
Mengenal 4 Jenis Autisme Pada Anak