Sukses

Parenting

5 Tugas Suami untuk Mendukung Istri Agar Semangat Menyusui

ringkasan

  • Temani istri memperoleh info tentang menyusui
  • Cukupi kebutuhan gizi dan nutrisi istri
  • Bersikap sabar dan luangkan lebih banyak waktu bersama istri

Fimela.com, Jakarta Momen melahirkan dan menyusui merupakan momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Ada rasa bahagia, bangga, cemas dan takut di waktu yang sama. Tidak jarang, ibu menyusui yang baru punya buah hati juga rentan depresi apalagi jika ia tak mendapat dukungan penuh dari suami.

Meski kelihatannya sangat sepele, menyusui membutuhkan tenaga ekstra. Momen menyusui bisa membuat ibu frustasi terlebih jika ada beberapa masalah di dalamnya seperti buah hati tidak mau menyusu, ASI (Air Susu Ibu) tidak lancar dan ibu kelelahan hebat. Agar ibu tak merasa frustasi atau baby blues, peran ayah untuk menyemangati istri sangat dibutuhkan.

Melansir dari laman liputan6.com, suami berkontribusi banyak dalam membahagiakan istri selama menyusui. Ameetha Drupadi, seorang konselor laktasi mengatakan, "Hormon bahagia dalam diri ibu berperan penting memacu hormon prolaktin yaitu hormon pelancar ASI. Istri bahagia dan semangat selama menyusui bisa ditentukan oleh suami."

Agar istri semakin semangat menyusui dan bahagia selalu, ini beberapa hal yang penting dilakukan suami demi mendukung istri.

Tugas Suami untuk Mendukung Istri Menyusui

  1. Suami disarankan untuk menemani istri memperoleh informasi yang benar terkait menyusui. Suami bisa mengajak istri konsultasi ke bidan, dokter atau sekedar membaca berbagai informasi menyusui di buku pun internet.
  2. Suami harus memberi dukungan penuh ke istri selama menyusui. Suami juga harus lebih sabar dan pengertian terhadap istri. Membiarkan istri kelelahan seorang diri mengurus buah hati akan menambah beban fisik juga pikiran istri.
  3. Usahakan agar suami memiliki lebih banyak waktu bersama istri dan buah hati. Semakin banyak waktu suami bersama istri, semakin dekat keduanya. Ini juga membuat istri semakin nyaman serta tenang.
  4. Suami hendaknya tidak takut untuk terlibat dalam proses menyusui. Membantu istri duduk dengan nyaman saat menyusui, memijat punggung istri atau menyiapkan pompa ASI selama menyusui menjadi beberapa bentuk keterlibatan suami dalam proses menyusui.
  5. Suami memastikan istri mendapat asupan nutrisi dan gizi baik selama menyusui. Ini akan meningkatkan produksi ASI dan memperlancar ASI selama menyusui. Kurangnya nutrisi dan gizi selama menyusui bisa menurunkan produksi ASI.

Itulah beberapa tugas dari seorang suami untuk mendukung istri lebih semangat dan nyaman menyusui. Para ahli menjelaskan bahwa dukungan suami ke istri selama menyusui berperan penting dalam kelancarakan proses menyusui. Dukungan suami juga akan menurunkan risiko istri mengalami baby blues setelah melahirkan.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Produksi ASI Payudara Kanan dan Kiri Berbeda, Normalkah?
Artikel Selanjutnya
ASI Tak Mau Langsung Keluar Setelah Melahirkan? Lakukan Hal Ini Mom