Sukses

Parenting

Produksi ASI Payudara Kanan dan Kiri Berbeda, Normalkah?

Fimela.com, Jakarta ASI atau Air Susu Ibu merupakan asupan nutrisi dan gizi yang paling penting buat bayi terutama buat mereka yang baru lahir. Saking pentingnya ASI, ibu harus memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuhnya demi kelancaran produksi ASI selama menyusui.

Produksi ASI tak hanya dipengaruhi oleh nutrisi yang masuk ke tubuh ibu melainkan banyak hal lainnya seperti kualitas istirahat, kesehatan psikis ibu dan kebiasaan bayi menyusu. Bayi yang jarang menyusu atau hanya menyusu di satu payudara akan berpengaruh besar terhadap produksi ASI yang dihasilkan ibu.

Melansir dari laman parents.com, produksi ASI yang tidak lancar merupakan masalah yang kerap membuat para merasa cemas. Selain itu, produksi ASI di payudara kanan dan kiri yang tidak sama juga sering bikin khawatir. Mengenai hal ini, apakah ini normal terjadi?

Perbedaan Produksi ASI di Payudara Kanan dan Kiri

Jika Mom menemukan produksi ASI di payudara kanan dan kiri berbeda atau tidak sama, usahakan agar tidak terlalu khawatir berlebihan. Produksi ASI yang berbeda adalah sesuatu yang normal terjadi. Umumnya, ini disebabkan karena intensitas menyusui biasanya dilakukan di satu sisi saja. Inilah yang kemudian membuat satu payudara lebih banyak produksi ASInya.

Selama produksi ASI tetap bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi buah hati, Mom tak perlu terlalu khawatir berlebihan. Untuk meningkatkan produksi ASI, ada beberapa tips yang bisa Mom lakukan. Tips tersebut mulai dari pastikan untuk menyusui secara bergantian di payudara kanan atau pun kiri, jika bayi hanya mau menyusu di satu sisi payudara usahakan untuk memompa satu sisi payudara lainnya, kelola stres dengan baik, cukupi kebutuhan nutrisi dan gizi Mom dengan lebih baik lagi juga perbanyak konsumsi air putih, sayur dan buah.

Selama tidak ada hal yang aneh dengan kesehatan Mom juga buah hati selama menyusui, tidak perlu terlalu khawatir berlebihan. Namun, jika merasa aneh atau sakit, tidak ada salahnya untuk memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter atau bidan ahlinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Alami agar ASI Keluar Lancar dan Banyak
Artikel Selanjutnya
3 Hal Penting yang Sebaiknya Diperhatikan Selama Menyusui