Sukses

Parenting

Awas, Gaya Hidup Tak Sehat Meningkatkan Risiko Keguguran

Fimela.com, Jakarta Keguguran merupakan salah satu kondisi yang sangat dikhawatirkan oleh ibu hamil. Ada banyak hal yang bisa meningkatkan risiko keguguran mulai dari kelelahan berlebihan, konsumsi makanan dan minuman yang berbahaya hingga gaya hidup tak sehat yang sering dilakukan banyak orang namun sangart jarang disadari.

Melansir dari laman parents.com, ibu hamil penting memiliki gaya hidup lebih sehat selama hamil. Selain untuk mencegah keguguran, pola hidup sehat juga akan membantu ibu hamil dapatkan buah hati yang sehat serta cerdas.

Gaya Hidup Tak Sehat dan Risiko Keguguran

Para ahli menyebutkan jika keguguran pada trimester pertama biasanya disebabkan oleh kondisi janin. Tapi, jika keguguran terjadi di trimester dua atau tiga, besar kemungkinan keguguran ini disebabkan oleh kondisi kesehatan ibu dan gaya hidupnya yang tak sehat.

Penelitian menyebutkan jika gaya hidup atau kebiasaan sehari-hari ibu hamil bisa meningkatkan risiko keguguran. Aktivitas merokok baik pasif maupun aktif, konsumsi obat terlarang, berlebihan konsumsi junk food, stres, olahraga berat, kelelahan, konsumsi minuman beralkohol, konsumsi makanan dan minuman berkafein berlebih juga disinyalir sebagai penyebab risiko keguguran.

Selain itu, hal lain seperti kondisi lingkungan yang kotor dan kumuh digadang-gadang juga berpengaruh pada kesehatan maupun keselamatan janin. Agar janin di kandungan sehat, tumbuh dan berkembang dengan baik, ibu hamil wajib memiliki gaya hidup sehat. Ibu hamil juga penting memiliki tidur, olahraga dan asupan nutrisi cukup setiap harinya untuk menghindari risiko keguguran

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengenal Tanda Keguguran yang Wajib Diwaspadai Ibu Hamil
Artikel Selanjutnya
12 Hal yang Meningkatkan Risiko Keguguran