Sukses

Parenting

Apakah Normal Tidak Segera Menstruasi Setelah Melahirkan?

Fimela.com, Jakarta Kehamilan dan melahirkan merupakan momen yang sangat mengesankan buat setiap perempuan. Selama 9 bulan masa kehamilan, Mom tidak akan mengalami periode menstruasi seperti sebelum hamil. Tapi setelah melahirkan, periode menstruasi ini akan kembali seperti sedia kala.

Lalu kapan periode menstruasi akan kembali setelah melahirkan? Berapa minggu atau bulan setelah melahirkan idealnya atau normalnya periode menstruasi kembali?

Kembalinya Periode Menstruasi Setelah Melahirkan

Melansir dari laman hellosehat.com, kapan tepatnya menstruasi setelah melahirkan akan terjadi cukup sulit ditentukan. Setiap perempuan memiliki periode yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kembalinya periode menstruasi ini berbeda-beda. Fakor itu mulai dari apakah Mom memberi ASI eksklusif pada bayi, kondisi kesehatannya stabil atau tidak, bagaimana asupan gizi dan nutrisi selama menyusui hingga stres.

Bagi Mom yang menyusui secara eksklusif, periode menstruasi bisa saja kembali lebih lambat yakni hingga 6 bulan setelah melahirkan. Terlebih ketika buah hati konsumsi ASI secara rajin di pagi, siang maupun malam hari dan produksi ASI lancar. Namun jika Mom tidak menyusui buah hati, kemungkinan besar periode menstruasi akan kembali lebih cepat mulai dari 4 minggu hingga 10 minggu setelah melahirkan.

Ketika periode menstruasi tidak kembali setelah 3 sampai 4 bulan setelah melahirkan dan Mom tidak menyusui buah hati, ada baiknya jika Mom konsultasikan hal ini dengan dokter atau bidan. Cari tahu kenapa Mom mengalami keterlambatan menstuasi setelah melahirkan. Perlu diingat, sebelum menstruasi pertama setelah melahirkan tubuh akan melepaskan sel telur pertamanya. Jika saat tubuh melepaskan sel telur dan Mom berhubungan intim, ini bisa meningkatkan peluang kehamilan.

Semoga informasi ini bermanfaat ya Mom.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Ingin Kram, 7 Makanan Ini Harus Dimakan Selama Menstruasi
Artikel Selanjutnya
Mitos atau Hoax tentang Menstruasi dan Jawaban Dokter Reisa Broto Asmoro