Sukses

Parenting

Kekebalan Tubuh Ibu Selama Kehamilan Pengaruhi Kecerdasan Anak

Fimela.com, Jakarta Momen kehamilan menjadi salah satu momen paling mengesankan buat setiap perempuan. Saat hamil, setiap ibu disarankan menjaga kesehatan fisik dan psikisnya dengan sebaik mungkin. Para ahli menyarankan agar ibu senantiasa memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Melansir dari laman WebMD.com, sistem kekebalan tubuh ibu selama kehamilan bisa memengaruhi tumbuh kembang otak anak. Sistem kekebalan tubuh ibu ini juga berpengaruh besar terhadap kecerdasan anak.

Dampak Sistem Kekebalan Tubuh Tidak Maksimal

Ada berbagai dampak buruk yang bisa terjadi ke tubuh jika ibu hamil memiliki sistem kekebalan tubuh yang buruk atau tidak maksimal. Penelitian menemukan jika sistem kekebalan tubuh yang buruk selama kehamilan bisa menyebabkan beberapa komplikasi pada ibu maupun janin yang di kandungnya.

Ibu dengan sistem kekebalan tubuh rendah, tingkat stres dan depresi tinggi serta pola hidup tak sehat rentan mengalami persalinan dini bahkan keguguran. Janin di kandungan juga tak bisa mendapat asupan oksigen serta nutrisi yang baik sehingga besar kemungkinan mengalami gangguan perkembangan otak.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience disebutkan jika sistem kekebalan tubuh ibu selama kehamilan berdampak pada kesehatan dan perkembangan otak bayi. Stres dan depresi selama kehamilan bisa meningkatkan risiko anak mengalami autisme, hiperaktif dan skizofernia.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Stres saat Hamil Beri Pengaruh Buruk pada Perkembangan Otak Bayi
Artikel Selanjutnya
5 Tanda Kehamilan yang Dapat Terasa sebelum Telat Haid