Sukses

Parenting

Aktivitas Ini Efektif Bantu Meningkatkan Kedekatan Ibu dan Anak Perempuan

Fimela.com, Jakarta Menciptakan dan meningkatkan kedekatan dengan anak perempuan bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan agar ibu dan anak perempuan bisa lebih dekat. Salah satunya adalah aktivitas menghabiskan waktu atau berjalan-jalan di alam terbuka.

Ada penelitian menarik terkait hal ini. Dikutip dari thehealthy.com, sebuah penelitian dari University of Illinois yang dipublikasikan di Journal of Family Theory & Review menemukan bahwa menghabiskan waktu bersama di alam terbuka dapat memperkuat ikatan ibu dan anak perempuan. Para peneliti mengungkapkan bahwa menghabiskan waktu bersama di alam dapat mengurangi kelelahan mental dan meningkatkan perhatian pada masing-masing individu. Dari situ, para peneliti memiliki teori bahwa ketika perhatian seseorang tidak lagi terlalu sensitif dan lebih baik dalam mengontrol diri, maka interaksi interpersonal bisa lebih baik.

 

 

Jalan-Jalan di Alam Terbuka

Dalam penelitian itu, para peneliti meminta 27 pasangan ibu dan anak perempuan (yang usianya antara 10-12 tahun) untuk jalan kaki selama 20 menit bersama, lalu dilanjutkan dengan melakukan aktivitas selama 10 menit yang membutuhkan konsentrasi, seperti menyelesaikan soal matematika. Separuh di antaranya jalan-jalan di alam terbuka, sisanya jalan-jalan di mal. Setelah melakukan pengujian dan mengobservasi interkasi mereka, hasilnya jelas bahwa yang berjalan-jalan di alam terbuka memiliki interaksi positif yang lebih baik, ibu dan anak perempuan jadi lebih akrab.

Lebih luas lagi, aktivitas jalan-jalan di alam terbuka tak hanya berdampak positif pada hubungan ibu dan anak perempuan. Dampaknya bisa sama-sama positif saat dilakukan bersama seluruh anggota keluarga. Bila ingin meningkatkan keakraban dan kedekatan dengan anak perempuan atau anggota keluarga lain, bisa coba dengan menjadwalkan acara santai jalan-jalan di alam terbuka ini.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Pasangan Menikah Lebih Bahagia Jika Membagi Peran Ini Secara Adil
Artikel Selanjutnya
4 Kejadian dalam Keluarga Ini Punya Efek Kesehatan Mental Seumur Hidup!