Sukses

Parenting

Tidur Malam Cukup Bisa Tingkatkan Prestasi Akademik Anak, Menurut Studi

Fimela.com, Jakarta Pendidikan anak pasti menjadi satu hal penting yang menjadi perhatian orangtua, apakah anak belajar dengan baik, mampu memahami materi atau mencapai hasil yang diharapkan. Tak banyak disadari bahwa ternyata pencapaian anak dalam hal akademis bisa ditentukan dari lamanya waktu tidur setiap malam.

Sebuah penelitian terbaru yang dipresentasikan dalam American Academy of Pediatrics 2019 National Conference & Exhibition menemukan bahwa anak-anak yang tidur dengan cukup di malam hari ternyata memiliki motivasi belajar yang tinggi, peduli terhadap hasil akademisnya di sekolah dan kemungkinan besar lebih rajin mengerjakan tugas dan PR dari sekolah.

Waktu tidur anak di malam hari idealnya 8 hingga 9 jam per malam. Penelitian melakukan survei terhadap orangtua dan pengasuh anak dari 49.050 anak dengan rentang usia 6-17 tahun.

Tidur Cukup = Akademik Baik

Hasilnya, anak-anak yang mendapatkan waktu tidur 9 jam per malamnya, sebesar 44% memiliki motivasi belajar yang sangat baik dan pensaran mencoba hal baru, sebanyak 33% mengerjakan PR-nya dengan baik, 28% peduli dengan rangking tinggi, dan 14% cenderung lebih baik dalam mengerjakan tugas di kelas.

Kurang tidur bukan hanya membuat anak mengantuk namun juga mengacaukan mood-nya, jadi tidak mengherankan jika ini juga memberi banyak pengaruh terhadap performa akademisnya.

Jadi, jika ingin anak memiliki pencapaian baik secara akademis di sekolah, pastikan ia mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam ya, Moms.

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
3 Hal yang Perlu Diketahui tentang Sleep Vacation, Liburan untuk Tidur Berkualitas
Artikel Selanjutnya
5 Tips Mengubah Kebiasaan Begadang jadi Lebih Rutin Bangun Pagi