Sukses

Parenting

FIMELA FEST 2019: Cara Melatih Anak untuk Mandiri dan Menjaga Diri di Era Modern

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti ingin anak-anaknya tumbuh dan berkembang dengan sangat baik setiap harinya. Setiap orangtua juga pasti ingin anak-anaknya menjadi pribadi yang mandiri, mampu menjaga diri dengan baik dan mampu menghadapi era modern dengan sangat mengesankan.

Di era modern seperti sekarang ini, anak memang dituntut untuk jadi pribadi yang lebih mandiri dan harus pandai-pandai menjaga diri dari segala hal yang merugikannya di sekitarnya. Melansir dari laman babycenter.com, anak yang mandiri dan mampu menjaga diri dengan baik bisa menghadapi manis pahitnya era modern dengan lebih baik pula.

Cara Melatih Anak Menjadi Mandiri di Era Modern

Agar anak menjadi pribadi yang lebih mandiri dan menjaga diri, ajarkan untuk lebih mendiri dan menjaga dirinya sendiri. Mengajarkan anak mandiri bisa dilakukan dengan meminta anak melakukan hal-hal yang sudah bisa ia lakukan sendiri. Sedangkan agar lebih menjaga diri, nasehati anak apa yang boleh ia lakukan dan apa yang tak boleh ia lakukan. Beritahu anak apa yang boleh orang lain lakukan pada anak dan apa yang tidak boleh dilakukan orang lain ke anak. Jika anak merasa ada yang membuatnya kurang nyaman, mintalah anak untuk mengatakan hal tersebut ke orangtua.

Orangtaua perlu mendampingi anak dengan sebaik mungkin. Sesibuk apapun aktivitas orangtua, penting bagi setiap orangtua memiliki waktu luang untuk anak-anak buat sekedar ngobrol, menemani makan, menemani belajar atau mendengar setiap cerita dan keluh kesahnya.

Memberikan gadget pada anak di era modern seperti sekarang ini memang bukan suatu masalah. Tapi, orangtua tetap harus membatasi penggunaan gadget pada anak. Pastikan bahwa anak tidak menggunakan gadgetnya secara berlebihan setiap harinya. Mom tetap harus mengecek isi gadget anak. Meskipun orangtua mengajarkan kemandirian dan cara menjaga diri ke anak, bukan berarti orangtua bebas membiarkan anak melakukan segala hal sesuai keinginan hatinya. Orangtua tetap harus memberi pendampingan, memberikan nasehat ke anak jika anak melakukan kesalahan dan tidak terlalu memuji anak jika anak melakukan kebaikan atau mengukir prestasi.

Selama orangtua sabar, mengajarkan anak untuk menjadi pribadi mandiri dan mampu menjaga dirinya dengan baik bukan masalah besar. Semoga informasi ini bermanfaat.

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan udangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
FIMELA FEST 2019: Bonding Ibu dan Anak Pengaruhi Tingkat Kebahagiaan Anak di Masa Depan
Artikel Selanjutnya
Membentak & Memukul Anak Bisa Membuatnya Berisiko Depresi