Sukses

Parenting

Anak Bisa Ditinggal di Rumah Sendirian Saat Mencapai Usia Ini

Fimela.com, Jakarta Ketika memiliki anak yang masih berusia belia dan harus meninggalkannya sendiri di rumah, tentu hal ini cukup bikin was-was serta cemas. Banyak orangtua tidak tega jika harus meninggalkan anaknya sendirian di rumah meskipun anak tersebut sudah cukup besar dan mampu menjaga diri saat ia seorang diri di rumah untuk beberapa waktu.

Sebagai orangtua, tidak sedikit dari kita yang bertanya-tanya pada usia berapa anak sudah bisa ditunggal sendiri di rumah. Entah itu untuk sekedar pergi belanja, pergi ke kondangan atau bekerja.

Melansir dari laman today.com, seorang profesor dan dokter di University of Lowa Carver College of Medicine, Amerika Serikat, Charles Jennissen mengatakan jika setiap anak itu berbeda-beda sehingga untuk meninggalkannya sendiri juga perlu waktu berbeda-beda. Tidak ada patokan khusus usia berapa anak bisa ditinggalkan. Ini semua tergantung pada kemandirian anak dan aman tidaknya lingkungan sekitar rumah.

Kapan Anak Bisa Ditinggal di Rumah Sendirian?

Meski tidak ada patokan pada usia berapa anak bisa ditinggal di rumah sendirian, penelitian yang dilakukan para ahli dari National Association of Social Workers, Amerika Serikat, menemukan jika hampir semua orang tua di Amerika Serikat mulai meninggalkan anaknya sendirian di rumah mulai saat tersebut usia 6 tahun. 83 persen orangtua mulai meninggalkan anak saat anak mencapai usia 8 tahun dan 51 persen orangtua meninggalkan anak saat anak usia 10 tahun.

Suzanne Haney, ketua American Academy of Pediatrics Council on Child Abuse and Neglect mengatakan, "Anak yang telah berusia 12 tahun ke atas tentunya sudah sangat bisa ditinggalkan sendiri di rumah. Di usia ini anak sudah mandiri dan bisa menjaga dirinya dengan baik. Namun ini semua tergantung pada perkembangannya."

Para ahli mengungkapkan jika meninggalkan anak di rumah sendirian adalah cara orangtua mengajari anak untuk lebih dewasa dan bijaksana. Anak yang diminta menjaga dirinya sendiri selama beberapa jam atau waktu di rumah juga bisa jadi pribadi yang lebih mandiri. Sebelum meninggalkan anak di rumah, orangtua penting mengajarkan anak untuk menghubunginya saat merasa tidak aman atau terancam.

Sebelum meninggalkan anak sendirian di rumah, orangtua juga perlu meminta orang terdekat baik itu kerabat atau tetangga untuk membantu mengawasi anak di rumah. Untuk meninggalkan anak sendirian di rumah dalam beberapa jam, orangtua juga perlu memahami keberanian, kemandirian serta keamanan anak.

***

Hai Sahabat FIMELA, pastikan dirimu untuk hadir di FIMELA FEST 2019. Ikuti semua keseruannya, dan jangan lupa untuk submit data darimu di sini, untuk mendapatkan udangannya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Ilmiah Kenapa Tubuh Bayi Memiliki Aroma Khas
Artikel Selanjutnya
Fimela Fest 2019: Tips Meredakan Amarah Anak yang Sedang Memuncak