Sukses

Parenting

Kenali 4 Penyebab Bayi Menangis Histeris saat Bangun Tidur

Fimela.com, Jakarta Ketika bayi baru bangun tidur, adakalanya ia akan menangis. Kita sebagai orangtua pun berusaha untuk bisa membuatnya kembali tenang. Namun, bagaimana jika tangisan si kecil kencang sekali dan histeris?

Penyebab bayi menangis histeris saat baru bangun tidur bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kondisi ini terjadi. Seperti karena hal-hal berikut ini.

1. Gangguan Kecemasan akan Perpisahan (Separation Anxiety)

Dilansir dari sleepingshouldbeeasy.com, gangguan kecemasan akan perpisahan (separation anxiety) menunjukkan bahwa si kecil sedang dalam perkembangan memahami dirinya saat terpisah dari kita sebagai orangtuanya. Bayi bisa menangis histeris ketika saat terbangun ia menyadari dirinya sendirian. Pada kondisi ini, ia berusaha untuk menemukan kita agar tenang.

2. Siklus Tidur

Bayi yang belum "belajar" cara tidur sendiri bisa mengalami kesulitan untuk kembali tidur ketika dirinya terbangun. Saat siklus tidurnya terganggu, tangisannya bisa begitu kencang dan histeris. Coba bantu menenangkan dirinya dengan mengayun atau menepuk-nepuk tubuhnya dengan lembut untuk membantunya tenang kembali.

 

3. Dalam Tahap Perkembangan Baru (New Milestones)

Baru bisa duduk, merangkak, atau belajar merupakan tahap perkembangan yang luar biasa pada si kecil. Ketika sedang dalam tahap perkembangan baru tersebut, kualitas tidur si kecil bisa terpengaruh. Kualitas tidurnya terganggu dan setiap kali terbangun ada rasa tak nyaman pada tubuhnya.

4. Sedang Tumbuh Gigi atau Mengalami Infeksi

Tangisan adalah salah satu cara bayi berkomunikasi. Ketika mengalami kondisi yang tidak nyaman, seperti sedang tumbuh gigi atau mengalami infeksi telinga, bayi akan mudah menangis histeris saat baru bangun tidur. Kita perlu segera memeriksakan si kecil ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Rasa lapar juga bisa jadi penyebab bayi menangis histeris saat baru bangun tidur. Coba cek dan perhatikan lagi waktu makannya. Kita tetap perlu berusaha setenang mungkin untuk membuat si kecil kembali nyaman.

***

Sudah siap untuk hadir di acara FIMELA FEST 2019? Pilih kelas inspiratifnya di sini.

 

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Ilmiah Mencium Bau Bayi Membuat Pikiran Tenang dan Senang
Artikel Selanjutnya
Cara Merawat Bayi Baru Lahir di Rumah dengan Baik dan Benar agar Cepat Gemuk