Sukses

Parenting

15 Cara Mengatasi Morning Sickness Selama Kehamilan

Fimela.com, Jakarta Morning sickness merupalan kondisi mual dan muntah yang dialami oleh perempuan saat hamil di trismester pertama. Kondisi ini bisa terjadi sepanjang hari dan membuat Mom lemas, lelah serta kurang nafsu makan. Tak hanya terjadi di trimester pertama, morning sickness juga bisa terjadi di trimester kedua dan ketiga selama kehamilan.

Melansir dari laman parents.com, morning sickness bisa terjadi karena banyak hal. Hal tersebut mulai dari daya tahan tubuh yang menurun selama kehamilan, adanya perubahan hormon selama kehamilan, Mom yang lebih sensitif terhadap bau dan sejenisnya. Saat mengalami morning sickness, Mom disarankan untuk mengatasi masalah morning sickness dengan baik. Morning sickness yang tidak ditangai dengan baik dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi kesehatan ibu maupun janin di kandungan.

Cara Mengatasi Morning Sickness

Morning sickness merupakan gejala umum yang biasa dialami ibu hamil. Penelitian menyebutkan jika hampir dari 70% ibu hamil mengalami morning sickness baik yang ringan, sedang hingga parah selama kehamilan. Untuk mengatasi morning sickness, berikut cara yang bisa dilakukan.

  1. Konsumsi makanan dan minuman dengan porsi kecil. Mengonsumsi makanan dengan porsi besar hanya akan memperparah morning sickness.
  2. Saat bangun pagi, usahakan untuk duduk atau istirahat terlebih dulu. Hindari aktivitas langsung bangun atau berdiri dari tempat tidur.
  3. Hindari mengonsumsi makanan yang berlemak, pedas dan terlalu asin. Makanan ini hanya akan meningkatkan risiko mual dan muntah.
  4. Mandi dengan air hangat agar tubuh lebih rileks. Tapi jika suhu tubuh sedang tinggi, usahakan untuk mandi dengan air dingin.
  5. Dengarkan musik yang bisa membuatmu merasa tenang. Perasaan yang diselimuti kecemasan, pikiran stres dan depresi bisa memperparah morning sickness.
  6. Perbanyak konsumsi sayur dan buah. Pilih sayur dan buah yang aman untuk kehamilanmu.
  7. Saat pagi, cobalah untuk rutin jalan-jalan pagi di sekitar kompleks rumah atau taman. Berada di dalam rumah secara terus menerus akan membuatmu jenuh dan rentan mual serta muntah.
  8. Konsumsi air jahe atau teh yang dicampur cuka apel. Minuman ini bisa meredakan mual, muntah dan pusing karena morning sickness.
  9. Cium aroma yang menyegarkan seperti halnya aroma buah jeruk. Adanya aroma yang menurutmu asing hanya akan membuatmu rentan mual dan muntah.
  10. Dapatkan pijat refleksi. Pastikan untuk melakukan pijat refleksi ini pada ahlinya dan aman buat kehamilanmu.
  11. Sediakan makanan ringan di dekatmu. Pilih makanan ringan yang baik untuk kehamilan seperti kacang-kacangan demi mengatasi morning sickness.
  12. Pilih makanan yang menggugah seleramu. Jangan memaksa diri makan makanan yang membuatmu mual dan ingin muntah selama kehamilan.
  13. Konsumsi vitamin untuk menutrisi tubuh selama hamil dengan lebih baik lagi.
  14. Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman. Pakaian yang terlalu sesak akan membuatmu mengalami morning sickness yang lebih parah.
  15. Pastikan sirkulasi udara di rumah lancar dan bersih. Sirkulasi udara yang tak lancar berdampak memperparah risiko mual serta muntah.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi morning sickness selama kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading