Sukses

Parenting

Waspadai 4 Hal Ini dalam Pemberian Minuman Non-ASI pada Bayi

ringkasan

  • Air Putih Diberikan saat Bayi Berusia di Atas 6 Bulan
  • Teh dan Kopi Tak Dianjurkan
  • Minuman Bersoda Dihindari

Fimela.com, Jakarta Pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pada bayi sangatlah penting. Setelah berusia di atas enam bulan, bayi sudah bisa diberi MPASI. Namun, belum banyak yang tahu bahwa pemberian minuman non-ASI juga ada aturannya.

Mengutip buku Mommyclopedia, 567 Fakta tentang MPASI, ada empat hal yang perlu diketahui terkait pemberian minuman non-ASI. Mulai dari air putih hingga jus buah. Selengkapnya langsung simak saja keterangannya di bawah ini.

1. Air Putih Diberikan saat Bayi Berusia di Atas 6 Bulan

Sepintas air putih tampak aman-aman saja diberikan pada bayi. Namun, air putih ternyata baru dapat diberikan pada bayi yang telah berusia enam bulan. Itu pun dalam jumlah terbatas. Air putih dapat diberikan selama waktu makan, di antara makan, atau setelah makan saja.

2. Teh dan Kopi Tak Dianjurkan

Sebaiknya kita tak memberikan minuman teh dan kopi pada bayi dan anak. Kenapa? Karena teh atau kopi mengandung tanin yang dapat menghambat penyerapan zat besi pada anak. Jadi, sebaiknya hindari pemberian minuman ini pada si kecil, ya.

 

3. Minuman Bersoda Dihindari

Minuman yang mengandung gula dan minuman bersoda sebaiknya tak diberikan pada anak. Hal ini karena minuman tersebut dapat menurunkan nafsu makan anak terhadap makanan yang lebih bernutrisi. Sering terjadi anak jadi tidak mau makan karena sudah minum minuman bersoda atau berpemanis.

4. Jus Buah Tak Dianjurkan untuk Bayi di Bawah 1 Tahun

Menurut American Academy of Pediatrics, pemberian jus buah pada bayi di bawah usia satu tahun tidak dianjurkan. Jus buah bisa diberikan pada bayi di atas usia 1 tahun. Untuk anak yang berusia 1-3 tahun, pemberian jus buah dibatasi maksimal 120 ml saja per harinya.

Selain lebih berhati-hati dalam pemilihan makanan pendamping ASI, kita juga perlu memperhatikan pemberian minuman non-ASI. Semoga infonya bermanfaat, ya.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
Usia Berapa Bayi Boleh Dibawa ke Luar Rumah Pertama Kali?