Sukses

Parenting

5 Tips Memastikan MPASI Aman Dikonsumsi Anak

Fimela.com, Jakarta Memastikan pemberian MPASI yang sehat dan aman pada anak sangatlah penting. Selain pemilihan bahan terbaik dan berkualitas, cara pengolahan hingga penyimpanannya juga perlu diperhatikan.

Mengutip buku Mommyclopedia, 567 Fakta tentang MPASI, untuk memenuhi syarat MPASI yang aman, ada cara yang bisa dilakukan. Dalam usaha memastikan MPASI aman, pastikan kita mengikuti beberapa hal berikut ini.

1. Tangan dan Peralatan Makan Harus Bersih

Pastikan tangan dan perlatan makan yang kita gunakan dalam keadaan bersih. Jaga kebersihan dengan sebaik mungkin. Dimulai dengan selalu mencuci tangan dengan sabun setiap kali akan memasak makanan.

2. Pisahkan Talenan

Talenan yang digunakan untuk memotong bahan makanan mentah dan makanan yang matang sebaiknya dipisahkan. Jadi, setidaknya miliki dua talenan berbeda. Selain itu, wadah penyimpanannya juga perlu dipisahkan. Pisahkan wadah penyimpanan bahan makanan mentah seperti ikan dan daging dengan makanan yang sudah matang bila akan disimpan dalam lemari pendingin.

 

3. Masak Hingga Matang

Bahan-bahan untuk MPASI perlu dimasak hingga matang. Selain kebersihan, proses memasak juga perlu diperhatikan untuk memastikan bebas dari kuman dan bakteri.

4. Simpan di Suhu yang Tepat

MPASI sebaiknya langsung dikonsumsi dan diberikan pada anak. Jika akan disimpan, sebaiknya simpan di lemari pendingin atau freezer dengan suhu di bawah 6 derajat celcius. Lalu, bila akan dikonsumsi bisa dipanaskan dengan suhu di atas 70 derajat celcius. Jika MPASI disimpan di suhu yang tidak tepat, maka tidak layak untuk dikonsumsi kembali.

5. Air Harus Benar-Benar Bersih

Air yang digunakan harus benar-benar bersih. Bahan baku yang kita pakai juga harus yang baik dan bersih.

Perhatikan hal-hal di atas saat akan menyiapkan dan membuat MPASI untuk anak, ya. Semoga infonya bermanfaat.

#GrowFearless with FIMELA

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Bahan Makan yang Sebaiknya Dihindari Bayi di Tahun Pertamanya
Artikel Selanjutnya
Manfaat Menakjubkan dari Jambu Biji untuk Kesehatan Bayi