Sukses

Parenting

Pelukan Seorang Ibu Memberikan Dampak Positif untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Sebagai orang, pastinya akan selalu menyayangi anak-anaknya baik ketika masih kecil hingga ia tumbuh dewasa. Bahkan orang tua rela melakukan apapun agar anaknya merasa bahagia. Bayak cara yang dapat dilakukan untuk memberikan kasih sayang kepada anak, salah satunya dengan memberikan pelukan.

Pelukan adalah curahan rasa sayang yang paling besar dan bermakna. Pelukan seorang ibu terhadap anak ternyata memiliki dampak positif bagi anak. Bagaimana bisa? Berikut ini beberapa dampak positif pelukan ibu untuk buah hatinya.

Membantu Perkembangan Otak

Ternyata pelukan tidak hanya untuk mencurahkan kasih sayang, namun juga dapat membantu perkembangan otak anak. Dengan mencurahkan kasih sayang dengan pelukan, Mom membuat anak lebih merasakan aman pada lingkungannya. Selain itu pelukan juga dapat membuat anak melakukan kegiatan dengan maksimal, yang berdampak pada jangka panjang baik dari segi lingkungan atau perilakunya ketika dewasa.

Menghindari Stres Pada Anak

Hormon endorfin pada tubuh Mom, ternyata dapat membantu menenangkan syaraf pada anak. Terlebih jika anak sedang marah, Mom dapat menenangkan si kecil dengan memeluknya, mungkin juga akan membantu Mom supaya anak tidak mudah rewel.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Sitem syaraf otonom pada anak belum berkembang secara sempurna, sehingga membuatnya sulit untuk mengontrol emosi. Oleh sebab itu jika Mom, memeluk anak akan membantu sistem syarafnya dalam keadaan seimbang. Ketika hormon oksitosin yang dilepaskan maka aliran darah akan lancar yang dapat memperkuat daya tahan tubuh anak.

Membantunya Tampil Percaya Diri

Melimpahkan kasih sayang kepada anak dengan melalui pelukan, dapat membantunya menjadi anak yang lebih percaya diri. Anak akan selalu berpikir optimis dalam melakukan suatu hal. Anak yang tampil percaya diri cenderung memiliki pergaulan yang luas.

Media Mengatasi Konflik

Selain dapat menenangkan anak, pelukan seorang ibu dapat membantu mengatasi konflik pada anak. Seiring bertambahnya usia anak akan mulai belajar dengan hal-hal baru untuk menunjang pengetahuannya, misalnya seperti menulis. Jika anak mengalami penolakan untuk melakukan belajar menulis, Mom dapat memeluknya supaya anak lebih tenang dan memberikan ia pengertian kepada anak, jika ini harus dilakukan.

Nah Mom, mulai sekarang cobalah untuk lebih sering memeluk buah hati, demi menunjang perkembangannya. Selain itu pelukan seorang ibu juga dapat memperkuat ikatan batin antara anak dan Mom.

#GrowFearless With FIMELA

Loading