Sukses

Parenting

Ini Waktu yang Tepat Hamil Lagi setelah Berhenti Minum Pil KB

Fimela.com, Jakarta Punya perencanaan kehamilan selama menjalani rumah tangga itu penting dan perlu dilakukan bersama suami. Beberapa perempuan ingin menunggu beberapa tahun setelah melahirkan anak pertama sebelum hamil lagi.

Ada banyak cara mengontrol kehamilan, salah satu alat kontrasepsi yang sering jadi pilihan adalah pil KB. Tapi jika ingin hamil lagi setelah lama minum pil KB, kira-kira harus menunggu berapa lama?

Jika menggunakan alat kontrasepsi pil KB, waktu yang tepat untuk hamil lagi adalah sekitar 1-3 bulan setelah berhenti mengonsumsi pil KB untuk mengembalikan kadar estrogen dan progestin yang memungkinkan kehamilan, menurut WebMd.

Waktu yang tepat untuk hamil

Kebanyakan perempuan bisa segera hamil lagi dalam tahun itu setelah berhenti minum pil KB. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa perempuan yang minum pil KB selama 4-5 tahun ternyata lebih subur dibandingkan perempuan yang hanya minum pil KB selama 2 tahun lebih ketika mereka ingin hamil lagi.

Dokter Robin Elise Weiss, PhD dalam Verywell.com mengatakan bahwa waktu yang tepat menyiapkan tubuh untuk hamil lagi ketika berhenti minum pil KB adalah 2-3 kali masa menstruasi atau 2-3 bulan setelah berhenti minum pil KB.

Jadi, sekarang sudah tahu kan kapan waktu yang tepat untuk bisa hamil lagi setelah berhenti minum pil KB?

#ChangeMaker with FIMELA

;
Loading