Sukses

Parenting

Hal yang Perlu Dihindari saat Ibu Melahirkan Normal

Fimela.com, Jakarta Mungkin ini adalah waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh sebagian perempuan, yaitu melahirkan. Ya, tak sabar untuk menimang buah hati, membuat Mom sering membayangkan kelucuan si kecil dan terbebas dari keluhan saat hamil. Tapi tunggu dulu, setelah melahirkan tetap harus menghindari beberapa hal.

Pascamelahirkan normal akan terasa lega saat si kecil lahir dengan selamat. Namun perlu diketahui, ada pantangan yang harus dijalani setelah melahirkan normal. Apa saja pantangan itu? Berikut ini beberapa pantangan untuk Sahabat Fimela yang baru saja melahirkan secara normal.

Jangan Melakukan Olahraga Berat

Ketika baru saja melahirkan, tentu harus melakukan proses perawatan dan pemulihan. Sebaiknya jangan terlalu melakukan aktivitas berat atau mungkin melakukan olahraga. Jika tetap ingin melakukan olahraga, lakukan olahraga ringan saja seperti berjalan.

Melakukan Diet

Ketika mengandung pastinya mengalami kenaikan berat badan. Sebab banyaknya asupan makanan yang harus Mom konsumsi untuk membantu pertumbuhan si kecil ketika masih dalam kandungan. Setelah melahirkan mungkin berpikir untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. Sepertinya kamu harus mempertimbangkan terlebih dahulu. Jika Mom tetap melakukan program diet dapat memengaruhi nutrisi ASI untuk si kecil.

 

Hindari Konsumsi Makanan Pedas

Makanan yang yang dikonsumsi dapat memengaruhi pada nutrisi ASI untuk si kecil. Mengonsumsi makanan pedas dapat membuat bayi tidak nyaman. Rasa pedas yang dihasilkan dari makanan yang dikonsumsi dapat menyebabkan si kecil mengalami kolik. Sangat disarankan untuk membatasi mengonsumsi makanan pedas.

 

Merawat Daerah Kewanitaan

Ketika melahirkan normal secara otomatis akan terjadi robekan pada area kewanitaan. Ada baiknya kamu menjaga kebersihan area kewanitaan. Setelah melahirkan akan mengalami pendarahan selama 4 minggu, jadi pastikan untuk selalu mengganti pembalut setiap 3 jam sekali. Mandi menggunakan air hangat dapat menjaga kebersihan dan menghindari infeksi pada area kewanitaan.

Hindari Emosi

Ketika mengandung pastinya mengalami kenaikan berat badan. Sebab banyaknya asupan makanan yang harus dikonsumsi untuk membantu pertumbuhan si kecil ketika masih dalam kandungan. Setelah melahirkan mungkin Mom berkpikir untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. Sepertinya Mom harus mempertimbangkan terlebih dahulu. Jika tetap melakukan program diet dapat memengaruhi nutrisi ASI untuk si kecil.

Hindari hal-hal di atas untuk membantu proses pemulihan lebih cepat setelah melahirkan secara normal. Selain itu juga dapat menjaga kesehatanmu dan buah hati. Jika mengalami keluhan setelah melahirkan normal, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

#Changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan, Mulai dari Stretch Mark Hingga Mengecilkan Perut
Artikel Selanjutnya
Rambut Makin Rontok setelah Melahirkan, Normalkah?