Sukses

Parenting

5 Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan, Mulai dari Stretch Mark Hingga Mengecilkan Perut

Fimela.com, Jakarta Kehamilan dapat membuat tubuh dari berbeda dari biasanya. Maka tak heran jika banyak perubahan tubuh setelah melahirkan, mulai dari bentuk tubuh hingga keluhan kesehatan.

Tapi tenang, dilansir dari womenhealthmagazine, ada beberapa tips dalam menengangi beberapa masalah paling umum setalah ibu melahirkan. Apa saja? Mari kita simak.

1. Stretch mark

Stretch mark menjadi masalah sering dikelukan setelah melahirkan. Untuk menguranginya bisa melembapkan kulit Stretch mark dengan cocoa butter dan makan banyak vitamin C. Lalu bisa juga mengoleskan krim mengandung vitamin A, E, dan D untuk mempercepat proses penyembuhan kulit.

2. Kandung kemih yang lemah

Jika setelag melahirkan sering buang air kecil, itu menandakan otot-otot di sekitar pinggul melemah. Setelah melahirkan, memang rahim ibu akan menyusut dengan cepat memberikan tekanan ekstra pada kandung kemih. Untuk menghindari masalah ini, pastikan untuk melakukan olahraga dasar panggul secara teratur dan hindari kopi serta alkohol yang dapat mengiritasi kandung kemih.

3. Jerawat

Bukan rahasia lagi jika setelah melahirkan seorang ibu akan mengalami jerawat pada wajahnya. Ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal dan akan mereda dengan seiring waktu. Sampai hormon kembali normal, gunakanlah krim dengan asam salisilat dan cobalah menggunakan makeup yang ringan atau tidak tebal.

4. Nyeri punggung bagian bawah

Nyeri punggung postpartum adalah keluhan yang sering.  Hormon kehamilan melonggarkan ligamen dan sendi di sekitar pinggul dan panggul.  Setelah melahirkan, tubuh harus menyesuaikan kembali.  Melakukan beberapa peregangan yoga sederhana dapat membantu meringankan rasa sakit. 

5. Kelebihan lemak perut dan pinggul

Latihan abs dan glute sederhana adalah cara terbaik untuk mulai mendapatkan kembali tubuh ideal. Atau cobalah yoga atau Pilates untuk latihan seluruh tubuh yang tidak hanya akan mengencangkan perut tetapi juga akan membuat tubuh kembali ideal.

 

#Changemakers

Loading
Artikel Selanjutnya
Hal yang Perlu Dihindari saat Ibu Melahirkan Normal
Artikel Selanjutnya
Rambut Makin Rontok setelah Melahirkan, Normalkah?