Sukses

Parenting

Makanan Praktis untuk si Kecil Usia 1 Tahun

Fimela.com, Jakarta Seiring waktu berjalan, pertumbuhan anak pun terasa semakin cepat. Ia membutuhkan banyak nutrisi untuk membantu perkembangannya setelah ia emndapatkan ASI Ekslusif. Pilih makanan yang bergizi serta menarik untuk meningkatkan nafsu makannya. Berikut ini beberapa jenis makanan sehat dan praktis untuk anak berusia 1 tahun.

Pisang dan Buah Lunak Lainnya

Ketika anak berusia 1 tahun ia mulai mengembangkan genggaman makanan dengan ujung jari. Saat ini mereka berusaha enggapai makanannya sendiri. Ini adalah waktu yang tepat untuk memperkenalkan pada anak finger food. Buah yang lembut dan segar adalah pilihan yang baik untuk si kecil. Potong pisang, clementine. stroberi atau mangga dan perlahan-lahan masukkan ke dalam mulut anak.

Yogurt dan Susu

Susu dan yogurt adalah sumber protein dan kalsium pembentuk tulang yang kuat, yang juga bermanfaat bagi perkembangan gigi mereka. Meskipun dapat terus memberikan ASI hingga berusia 2 tahun lebih, susu sapi atau yogurt yang mengandung lemak juga dapat diberikan pada waktu makan atau sebagai camilan. Yogurt dapat diisi dengan buah segar yang dipotong menyesuaikan ukuran mulut si kecil.

Oatmeal

Anak kecil tidak dapat menguasai gerakan menggigit, mereka dapat mengunyah dengan baik ketika berusia 3 tahun ke atas. Sementara itu makanan si kecil harus dihaluskan terlebih dahulu agar mudah untuk di kunyah. Oatmeal adalah pilihn yang baik, karena oatmeal memiliki kandungan protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Terlebih gandum menyediakan banyak serat yang membantu menjaga saluran pencernaan tetap sehat.

Telur

Telur merupakanan makanan yang dapat menambah energi untuk anak dan orang dewasa. Telur mendukung untuk keshatan mata dan perkembangan otak. Selain itu juga makanan ini mengandung protein, lemak sehat, dan sejumlah nutrisi penting lainnya.

Tahu Sutra

Tahu adalah sumber zat besi, kalsium dan protein yang baik untuk tubuh.Tahu sutra dapat disajikan dengan campuran smoothie. Perhatikan cara memasak tahu untuk si kecil, tetap perhatikan kebersihannya.

Alpukat

Alpukat adalah makanan yang cocok untuk diberikan kepada anak usia 1 tahun. Tekstur krimnya mudah untuk dicernah oleh si kecil. Alpukat dikemas dengan nutrisi lemak sehat yang bermanfaat untuk otak dan hati.

Air

Ketika anak berusia 1 tahun ia harus minum setidaknya 237 ml air setiap hari. Jika mereka aktif, mungkin mereka akan lebih banyak lagi membutuhkan asupan air. Air dapat membantu memenuhi cairan tubuh pada anak, sehingga memberikan air putih baik untuk kesehatan anak.

Brokoli dan Wortel Kukus

Sayuran kukus seperti brokoli dan wortel adalah cara terbaik untuk memperkenalkan anak pada kelompok makanan yang sehat. Brokoli, wortel dan kacang polong mengemas serat dan vitamin C. Terlebih wortel mengandung lutein yang mendukung kesehatan mata. Sementara kacang polong mengemas protein untuk membangun otot.

Memilih makanan yang mudah dikunyah dan bergizi tinggi adalah ide bagus Berikan nutrisi yang baik untuk si kecil untuk menunjang pertumbuhannya.

#Changemaker

Loading
Artikel Selanjutnya
Minum Es Teh saat Hamil, Ketahui 4 Hal Penting Ini
Artikel Selanjutnya
Bayi Tertidur saat Disusui, Harus Bagaimana?