Sukses

Parenting

Rekomendasi Waktu Tidur yang Baik Sesuai dengan Usia Anak

Fimela.com, Jakarta Jumlah jam tidur anak-anak bervariasi tergantung pada faktor-faktor tertentu salah satunya usia. Masing-masing usia anak memmbutuhkan jam tidur yang berbeda. Untuk kamu orangtua baru yang membutuhkan panduan tentang jam tidur anak, berikut waktu tidur anak yang disesuaikan dengan usianya, seperti melansir dari situs Webmd, Selasa (7/7/2020).

1. Usia 1-4 minggu

Bayi baru lahir biasanya tidur sekitar 15 hingga 18 jam sehari, tetapi hanya dalam waktu singkat dua hingga empat jam. Bayi prematur dapat tidur lebih lama dan kolik lebih pendek. Karena bayi yang baru lahir belum memiliki jam biologis internal, atau ritme sirkadian, pola tidur mereka tidak terkait dengan siklus siang dan malam hari. Bahkan, mereka cenderung tidak memiliki pola tidur sama sekali.

2. Usia 1-4 bulan

Pada usia 6 minggu bayi mulai sedikit tenang, dan orangtua mungkin melihat pola tidur yang lebih teratur muncul. Periode tidur terpanjang adalah empat hingga enam jam dan sekarang cenderung terjadi lebih teratur di malam hari. Kebingungan waktu siang dan malam pada bayi berakhir.

3. Usia 4-12 bulan

Meski ideal hingga 15 jam, kebanyakan bayi hingga 11 bulan hanya tidur sekitar 12 jam. Membangun kebiasaan tidur yang sehat adalah tujuan utama selama periode ini, karena bayi Anda sekarang jauh lebih sosial, dan pola tidurnya lebih seperti orang dewasa.

Bayi biasanya memiliki tiga tidur siang dan turun menjadi dua pada usia sekitar 6 bulan, pada saat itu atau sebelumnya mereka secara fisik mampu tidur sepanjang malam. Membangun tidur teratur biasanya terjadi pada bagian akhir dari kerangka waktu ini, ketika ritme biologis menjadi matang. Tidur siang menjelang siang biasanya dimulai pukul 9 pagi dan berlangsung sekitar satu jam. Tidur siang di sore hari dimulai antara siang dan jam 2 siang. dan berlangsung satu atau dua jam. Dan tidur siang hari mulai dari 3 p.m. sampai jam 5 sore dan biasanya bervariasi panjangnya.

 

4. Usia 1-3 tahun

Saat anak anak bergerak melewati tahun pertama menuju usia 18-21 bulan, ia kemungkinan akan kehilangan tidur siang dan sore hari. Tidur siang hanya sekali sehari. Sementara balita membutuhkan tidur hingga 14 jam sehari, mereka biasanya hanya mendapatkan sekitar 10 jam. Sebagian besar anak-anak dari sekitar 21 hingga 36 bulan masih membutuhkan satu tidur siang sehari, yang dapat berkisar dari satu hingga tiga setengah jam. Mereka biasanya tidur antara jam 7-9 malam dan bangun antara pukul 6-8 pagi.

5. Usia 3-6 tahun

Anak-anak pada usia ini biasanya tidur antara jam 7 dan 9 malam dan bangun sekitar pukul 6 hingga 8 pagi. Pada usia 3 tahun, sebagian besar anak masih tidur siang, sedangkan pada usia 5 tahun, kebanyakan tidak. Tidur siang secara bertahap menjadi lebih pendek juga. Masalah tidur baru biasanya tidak berkembang setelah usia 3 tahun.

 

6. Usia 7-12 tahun

Pada usia ini, dengan kegiatan sosial, sekolah, dan keluarga, waktu tidur menjadi lambat. Sebagian besar anak berusia 12 tahun tidur sekitar jam 9 malam. Masih ada berbagai macam waktu tidur, dari 7.30 hingga 10 malam, serta total waktu tidur dari 9 hingga 12 jam, meskipun rata-rata hanya sekitar 9 jam.

7. Usia 12-18 tahun

Kebutuhan tidur tetap sama pentingnya bagi kesehatan dan kesejahteraan remaja seperti ketika mereka masih muda. Ternyata banyak remaja yang sebenarnya membutuhkan lebih banyak tidur daripada tahun-tahun sebelumnya. Namun, bagi banyak remaja, tekanan sosial berkonspirasi untuk tidak mendapatkan jumlah dan kualitas tidur yang tepat.

#changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading