Sukses

Parenting

5 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan di Rumah untuk Kesehatan Mental Anak

Fimela.com, Jakarta Hubungan antara anak-anak dengan hewan peliharaan mereka akan memberikan banyak manfaat bagi perkembangan anak. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak dengan hewan peliharaan memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dan meningkatkan keterampilan sosial mereka. Mereka belajar keterampilan mengasuh, serta menunjukkan peningkatan empati dan sikap yang lebih peduli. Ada juga bukti bahwa memiliki hewan peliharaan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan anak.

Hewan Dapat Mengajarkan Anak Mengontrol Diri

Beberapa anak menjadi merasa cemas dan mereka terkadang tidak memiliki tempat yang aman untuk membagikan emosi mereka yang sebenarnya. Hewan peliharaan adalah salah satu media untuk mencurahkan emosi dan perasaan mereka. Ini akan membuat anak dapat mengontrol diri mereka terhadap tekanan dan emosi yang mereka rasakan.

Hewan Peliharaan Bisa Mengajarkan Empati

Merawat hewan peliharaan dapat mengajarkan anak untuk berempati. Anak belajar membaca kebutuhan hewan peliharaan, apakah dia lapar, atau lainnya. Selain itu, empati adalah salah satu keterampilan yang dapat diajarkan.

Mengajarkan Percaya Diri

Anak-anak dapat memperoleh kepercayaan diri dengan memiliki tanggung jawab merawat hewan peliharaan. Anak-anak dengan usia 3 tahun dapat mengerjakan tugas-tugas sederhana seperti mengisi air minum dan mangkuk makanan. Seiring bertambahnya usia anak, ia bisa merawat hewan peliharaannya dengan sendiri.

Meningkatkan Keterampilan Verbal

Mom mungkin melihat anak-anak yang masih belajar berbicara mencoba untuk berbicara dengan hewan peliharaan. Dengan cara ini, hewan peliharaan tidak hanya memberikan dukungan sosial dan emosional tetapi juga mendukung keterampilan bahasa kognitif untuk anak-anak. Kehadiran hewan peliharaan memberikan rangsangan verbal untuk membantu anak berlatih berbicara dan bersosialisasi dengan makhluk lain.

Hewan Peliharaan Bisa Menjadi Terapi Bagi Anak-anak

Penelitian telah menunjukkan bagaimana hewan peliharaan dapat membantu menurunkan tekanan darah, mempercepat waktu pemulihan dan mengurangi stres dan kecemasan. Ketika anak mereka bersama hewan peliharaan, mereka dapat langsung berhubungan karena mereka merasakan cinta dan kasih sayang tanpa syarat dari hewan peliharaan.

Memiliki hewan peliharaan tentu memiliki manfaat bagi si kecil. Hewan peliharaan juga dapat membantu anak untuk mengontrol emosi dari dalam diri mereka dengan baik. Ini juga memengaruhi perkembangan mental anak yang lebih baik.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading