Sukses

Parenting

3 Cara Menjaga Kebugaran Tubuh saat Kurang Tidur Pasca Melahirkan

Fimela.com, Jakarta Pasca melahirkan, kita akan disibukkan dengan merawat si kecil. Bahkan perlu begadang hampir setiap malam karena bayi masih belum terbiasa dengan siklus tidurnya. Hal ini pun membuat ibu gampang letih karena kurang tidur.

Memang tak ada cara instan untuk bisa menjaga kebugaran tubuh pasca melahirkan. Meskipun begitu, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap fit di tengah-tengah kondisi kurang tidur. Melansir laman mindbodygreen.com, ada tiga cara yang bisa dipilih untuk menjaga kebugaran tubuh.

1. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Ini jelas jadi hal yang sangat penting. Tubuh kita perlu energi. Energi bisa kita dapatkan dari nutrisi makanan yang kita konsumsi. Mengonsumsi cokelat bisa bantu memberi cadangan energi dan menstabilkan suasana hati. Mengonsumsi buah pisng secara rutin juga bisa dilakukan. Camilan seperti kacang-kacangan yang mengandung lemak omega-3 pun bisa dikonsumsi untuk mencegah tubuh lemas.

2. Olahraga Ringan untuk Memompa Endorfin

Endorfin yang dikeluarkan melalui olaharga bisa bantu meningkatkan suasana hati sekaligus memberi lebih banyak energi. Sekadar jalan-jalan santai sejenak atau melakukan peregangan ringan di dalam rumah bisa bantu memberi pasokan energi yang lebih banyak. Memaksimalkan waktu jalan-jalan pagi atau jalan-jalan sore sekaligus untuk berolahraga juga bisa dilakukan. Mendapatkan paparan sinar matahari pagi pun bisa cukup membantu mengatasi depresi pascamelahirkan atau postpartum depression.

3. Membuat Jadwal Rutin

Meski tidak mudah tapi cobalah untuk mengatur aktivitas pagi dan malam hari serutin mungkin. Khususnya pada jadwal tidur. Strategi yang sering dipilih untuk adalah tidur ketika bayi tidur. Ada baiknya juga bekerja sama dan berbagi peran dengan suami untuk mengatur jadwal tidur. Saat tidur, usahakan dalam kamar gelap atau dengan cahaya remang-remang untuk memaksimalkan produksi melatonin. Jauhkan diri dari berbagai jenis gawai.

Menjalani peran baru sebagai ibu, ada tanggung jawab baru yang harus dilakukan. Meski mungkin tidak mudah, tapi kebahagiaan bisa selalu berada dengan si kecil tak akan pernah tergantikan oleh apa pun.

#ChangeMaker

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading