Sukses

Parenting

5 Keunggulan Pendidikan Homeschooling untuk Anak di Tengah Pandemi COVID-19

Fimela.com, Jakarta Memilih homeschooling untuk anak bukanlah sebuah konsep baru lagi. Tetapi saat memulai tahun ajaran 2020/2021, berbulan-bulan setelah pandemi COVID-19, mungkin akan banyak orangtua sekarang mempertimbangkan homeschooling sebagai solusi bagi anak-anak. Dalam upaya untuk mencegah penyebaran virus corona, banyak sekolah di seluruh negeri menawarkan berbagai kemungkinan pendidikan dari sekolah tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan hingga sekolah daring. Beberapa orangtua mungkin bertanya-tanya tentang homeschooling yang dapat diterapkan untuk anak-anak mereka. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari homeschooling untuk anak yang perlu dipertimbangkan untuk orangtua.

Kebebasan

Salah satu keuntungan dari homeschooling adalah kemampuan untuk membuat pilihan sendiri. Sebagai seorang homeschooler, Mom memiliki kebebasan untuk memasukkan pengajaran khsus dalam pembelajaran sehari-hari dan tidak khawatir tentang tekanan sosial atau penindasan yang mungkin dialami anak di sekolah. Keunggulan lainnya yaitu setiap dan semua mata pelajaran dilakukan dengan lebih menyenangkan dan jam belajar yang tak terbatas.

Fleksibilitas

Dengan homeschooling, Mom dapat menentukan struktur hari dan waktu untuk belajar anak. Jika sulit unutk melakukan belajar pagi, terdapat fleksibilitas untuk mulai sekolah nanti. Dan karena pengaturan waktu homeschooling berubah-ubah, Mom dapat melanjutkan dan melakukan kegiatan lain di luar belajar.

Konsentrasi pada Satu Anak

Setiap anak berbeda, sayangnya dalam kelompok yang lebih besar di sekolah biasa, guru tidak selalu dapat menyesuaikan pelajaran dengan kebutuhan unik dari setiap anak. Di sisi lain, homeschooling dapat menyesuikan dengan minat khusus anak. Apakah anak membutuhkan sedikit bantuan ekstra dalam bidang matematika? Luangkan waktu 15 menit tambahan untuk membantunya memahami beberapa pejalaran yang mungkin sulit baginya.

Minimal Pembatasan COVID-19

Bagi banyak orangtua, keputusan homeschooling untuk tahun ajaran ini adalah untuk menghindari pembatasan COVID-19 yang diberlakukan pada anak-anak mereka di sekolah. Harus memakai masker sepanjang hari dan melakukan jarak sosial dari teman adalah hal yang sulit bagi sebagian anak berusia di bawah 6 tahun. Homeschooling tentu saja, dapat memberikan kebebasan untuk belajar tanpa menggunakan masker dan jarak sosial.

Hubungan yang Kuat

Semakin banyak waktu yang dibahiskan dengan anak-anak, semakin banyak peluang muncul untuk sebuah ikatan. Jika Mom selalu menginginkan lebih banyak waktu dalam sehari sebagai sebuah keluarga, mungkin homeschooling adalah pilihan tepat.

Pengalaman positif, momen-momen indah saat belajar dan istirahat antara anak dan orangtua dapat membangun hubungan yang lebih erat antara oraangtua dan saudara lainnya. Dalam beberapa kasus, jadwal fleskibel homeschooling bahkan dapat memberikan lebih banyak waktu dengan kedua orangtua.

Selama pandemi global, ketika semakin banyak orangtua menjelajahi dunia homeschooling, sanglah bijaksana untuk melihat banyak keuntungan dan kerugian dari jenis pendidikan ini. Tetap pertimbangkan untuk memilih pendidikan anak.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading