Sukses

Parenting

Growthpedia, Alat Ukur Digital Tinggi Badan Anak

Fimela.com, Jakarta Lima tahun pertama merupakan usia paling penting bagi pertumbuhan anak. Karena itu, para orangtua sebaiknya benar-benar memerhatikan gizi dan pertumbuhan anak dari minggu ke minggu. Jangan sampai, pertumbuhan anak malah terganggu dan jika terlambat untuk diatasi, anak bisa mengalami stunting. 

Stunting merupakan salah satu bentuk malnutrisi. Ini juga merupakan masalah sosial dan ekonomi yang terus berlanjut di Indonesia, di mana angka stunting mencapai 27,67 persen atau sekitar 1 dari 4 anak di bawah usia 5 tahun tidak tumbuh ideal. 

Dokter Spesialis Anak bidang Nutrisi dan Metabolik di RS Pantai Indah Kapuk, Dr. dr. Conny Tanjung, Sp.A(K), mengatakan ada beberapa faktor yang memengaruhi pertumbuhan anak, seperti hormon IGF-1 dan nutrisi. Nutrisi yang paling penting untuk pertumbuhan anak adalah protein hewani dan ASI karena mudah dicerna serta mengandung asam amino yang lengkap. 

"Sementara itu, faktor terjadinya stunting adalah kualitas makanan, inedequant nutrients, serta adanya penyakit kronis. Tanpa nutrisi yang tepat dan adekuat, pertumbuhan yang kurang baik atau bahkan terhambat dapat terjadi, yang menyebabkan penyakit dan masalah perkembangan kognitif yang memiliki konsekuensi serius di kemudian hari bagi anak-anak. Stunting dapat dicegah dengan pemberian nutrisi yang tepat dan pemantauan pertumbuhan yang ketat sehingga anak dapat mencapai pertumbuhan yang optimal, terutama tinggi badan. Pertumbuhan linear yang terjadi pada lempeng pertumbuhan dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain gen, hormon dan nutris," jelasnya. 

 

Growthpedia

Untuk memantau pertumbuhan anak sebelum usia 5 tahun, orangtua harus mengukur tinggi badan anak menggunakan alat yang tepat. Untuk itu, kata Angelico Escobar, Head of Abbott Nutrition International (ANI), Abbott meluncurkan teknologi praktis Growthpedia agar orangtua dapat memantau pertumbuhan anak dengan nyaman.

“Abbott berkomitmen untuk memberikan solusi asupan nutrisi di semua kelompok umur. Dengan menyediakan teknologi praktis seperti Growthpedia, orangtua dapat memantau pertumbuhan anak mereka dengan nyaman menggunakan perangkat elektronik apa pun di rumah dan pada saat yang sama mendapatkan tips tentang nutrisi dan makanan bergizi untuk membantu anak-anak mereka tetap aktif dan sehat," katanya. 

Growthpedia menawarkan 2 pilihan bagi orangtua untuk mengukur dan melacak pertumbuhan anak, yaitu Growth Tracker dan Filter Growth Augmented Reality (AR). Growth Tracker merupakan alat yang memungkinkan orangtua memasukkan data tinggi badan, berat badan, tinggi orangtua, dan tanggal lahir anak mereka untuk melihat status pertumbuhan anak dan rekomendasi nutrisi yang sesuai. 

Sementara, Filter Growth AR merupakan sebuah filter Instagram yang berfungsi dapat memeriksa status pertumbuhan anak dan berbagi langsung di halaman media sosial mereka. 

Dengan diperkenalkannya alat ukur digital Growthpedia, Abbott berkomitmen untuk memberikan solusi terbaik dan dukungan nutrisi yang tepat, terutama di tahun-tahun awal pertumbuhan anak.

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

;
Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Sederhana untuk Mengenali Tanda Bahwa Anak Mengalami Gangguan Kecemasan
Artikel Selanjutnya
Setelah 32 tahun dengan Lebih dari 300 Petunjuk Palsu, Korban Penculikan Anak Berhasil Ditemukan