Sukses

Parenting

7 Cara Cerdas Mengajarkan Anak Tentang Konsep Uang

Fimela.com, Jakarta Tidak ada kata terlalu dini untuk mulai mengajarkan anak-anak tentang uang. Usia sekolah dasar adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan anak tentang uang karena akan belajar penjumlahan, pengurangan dan konsep matematikan lainnya di sekolah. Orangtua dapat mulai keterampilan fisikal, seperti menabung dengan anak. Ketika bertambah besar, mereka dapat memulai membuat beberapa keputusan tentang uang sendiri, seperti memutuskan bagaimana menggunakan uang saku mereka. Berikut ini adalah beberapa tips cerdas yang dapat dilakukan orangtua untuk mengajarkan anak tentang uang.

Permaianan Berhubungan dengan Keuangan

Permainan seperti monopoli bisa menjadi cara yang menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar tentang uang. Kumpulkan seluruh anggota keluarga, dan bermain bersama akan lebih menyenangkan bagi anak-anak.

Ajak Anak Belanja

Mengajari anak-anak tentang uang dapat menjadi bagian dari rutinitas rumah tangga biasa seperti pergi ke toko bahan makanan. beri tahu anak berapa anggaran yang akan dibelanjakan. Ajarkan anak untuk cara cermat untuk berbelanja agak tidak terjadi pemborosan, misalnya seperti memanfaatkan kupon atau diskon.

Dorong Anak untuk Menabung

Pastikan anak memiliki tempat yang aman untuk menyimpan uangnya. Membiarkan mereka memilih celengan atau dompet yang menarik adalah awal yang baik. Mom mungkin ingin memberi anak 3 wadah berbeda untuk uang mereka, seperti stoples kaca atau kaleng kopi untuk membantu mengaturnya. Stoples 1 untuk simpanan, stoples 2 untuk dibelanjakan dan stoples 3 untuk disumbangkan ke badan amal. Dari situ Mom dapat memutuskan bersama bagaimana membagi uang saku mingguan mereka di antara tiga stoples itu.

Ajak Anak Ke Bank

Pergilah bersama anak ke bank dan buka rekening. Ini adalah kesempatan sempurna untuk merangkai konsep keuangan yang lebih baik untuk anak.  Menyimpan rekening tabungan, misalnya memberi Mom kesempatan untuk menjelaskan kepada anak bahwa uang mereka akan bertambah di bank daripada dicelengan di rumah.

Ajarkan Anak Berbicara Tentang Uang

Anak-anak sekolah dasar sering kali ingin tahu tentang hal-hal seperti berapa biaya rumah seseorang atau gaji orangtua mereka. Namun mereka biasanya tidak memiliki konsep dunia nyata tentang arti angka itu. Meskipun merasa nyaman mendiskusikan keuangan keluarga dengan anak di rumah, jelaskan dengan lembut bahwa tidak sopan menanyakan orang lain berapa uang yang mereka hasilkan atau belanjakan. Mom mungkin juga ingin mencegah anak membahas keuangan keluarga dengan teman atau teman sekelas.

Berikan Teladan yang Baik

Seperti banyak hal lainnya, apa yang dilakukan penting. Perilaku finansial akan menjadi teladan bagi anak-anak. Misalnya jangan pernah berbohong tentang pembelian apa pun. Penting juga untuk selalu memasukkan pembelian ke dalam konteks dan menekan bahwa barang material bukanlah yang membuat orang bahagia. Ingatkan anak bahwa beberapa hal paling berharga dalam hidup adalah seperti menghabiskan waktu bersama.

Ajarkan Tentang Kedermawanan

Bantu anak untuk memandang uang dalam persepktif dengan menunjukkan kepada mereka bahwa hal-hal seperti cinta sebuah keluarga, memiliki cukup makanan dan tempat tinggal. Ajarkan anak untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

Nah, itu tadi Mom cara untuk mengajarkan anak tentang uang. Ini dapat dilakukan sejak dini agar anak mengerti kegunaan uang tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading
Artikel Selanjutnya
3 Cara Memilih Produk Perawatan Bayi agar Tidak Mudah Teriritasi
Artikel Selanjutnya
Suguhkan Kejutan Seru untuk Buah Hati dari Doraemon di Masa Pandemi