Sukses

Parenting

Sambut Hari Anak Sedunia, Pantau Anak Saat Berselancar di Media Sosial

Fimela.com, Jakarta Menyambut Hari Anak Sedunia, Instagram Indonesia meluncurkan pembaruan Panduan Instagram untuk Orangtua. Bekerja sama dengan komunitas Mom Sweet Mom, Instagram menghadirkan sumber informasi yang lebih up to date, lengkap, dan relevan bagi orangtua seputar penggunaan Instagram yang lebih bijak di kalangan remaja. 

Selain itu, Panduan Instagram untuk Orangtua versi terbaru ini juga memuat berbagai tips memulai percakapan dengan anak remaja tentang isu kesehatan mental. Kepala Kebijakan Publik, Instagram Asia Pasifik, Philip Chua mengatakan pihaknya memahami tantangan yang dialami orangtua saat harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi dan internet di era digital. Orangtua kerap menemukan kesulitan saat harus memulai percakapan terkait hal yang berhubungan dengan kesehatan mental. 

“Kami memahami tantangan yang dialami orang tua saat harus beradaptasi dengan kemajuanteknologi dan internet di era digital sekarang ini guna memantau kegiatan online anak remajamereka. Lebih dari itu, para orang tua seringkali menemui kesulitan saat harus memulaipercakapan terkait hal yang berhubungan dengan kesehatan mental. Menjawab tantangantersebut, hari ini kami senang sekali dapat meluncurkan pembaruan Panduan Instagram untukOrang Tua. Panduan ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi bagi orang tua untukmengenal lebih jauh seputar platform Instagram guna membantu menjaga keamanan danpengalaman online anak remaja mereka, serta tips-tips untuk memulai percakapan dengananak remaja seputar kesehatan mental,” kata Philip. 

3 Fitur Keamanan Terbaru

Beberapa fitur keamanan Instagram baru yang disebutkan dalam buku panduan, seperti berikut;

  1. Fitur Mengelola Privasi: Kamu bisa mengontrol pesan sehingg anak remaja dapat memilih siapa saja yang bisa mengirimkan pesan ke akun mereka di Instagram. 
  2. Mengelola Insteraksi: Ada 4 fitur untuk mengelola interaksi, seperti permintaan dukungan yang meliputi perkembangan laporan yang dikirimkan oleh akun anak remaja dan mengetahui pelanggaran apa saja yang mereka lakukan. Juga, kamu bisa mengelola komentar dalam jumlah banyak, termasuk menghapurs komentar, memblokir, dan membatasi beberapa akun yang memposting komentar negatif. Selain itu, dalam pengelolaan interaksi, kamu juga mendirong interaksi positif dengan beberapa komentar terpilih berada di posisi teratas. Juga, ada fitur yang bisa mengatur siapa saja yang bisa menandai atau mention mereka di Instagram. 
  3. Bantu Pengguna Lain: Fitur ini memudahkanmu membantu seseorang yang menunjukkan tanda-tanda membutuhkan bantuan lewat postingan di Instagram mereka. Jadi, anak bisa melaporkan tingkah laku mereka yang mengkhawatirkan kepada Instagram. 

Fitur ini melengkapi fitur Instagram yang sebelumnya sudah tersedia di Panduan Instagram Orangtua 2019, seperti Privasi Akun, Blokir, Kontrol Komentar, Filter Komentar, Dasbor 'Aktivasi Anda,' Setel Pengingat Harian, dan lain-lainnya. 

#ChangeMaker

Simak Video Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading