Sukses

Parenting

3 Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Menjaga Mental saat Hamil

Fimela.com, Jakarta Nasihat untuk bersiap menghadapi kehamilan biasanya berfokus pada aspek fisik, misalnya mendapatkan vitamin prenatal yang tepat, makan makanan yang tepat, dan melakukan olahraga yang tepat untuk mempersiapkan tubuh. Tapi bagaimana dengan persiapan mental untuk kehamilan?

Kesehatan mental dan emosional selama kehamilan dapat berdampak pada hasil persalinan serta kondisi mental selama periode pascapersalinan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan diri secara mental untuk kehamilan.

Daptkan Dukungan Sosial

Dukungan sosial yang kuat selama masa pranatal sangat penting, baik dukungan tersebut berasal dari pasangan, anggota keluarga lain, orang tua, atau teman. Dukungan sosial dapat memiliki efek perlindungan terhadap konsekuensi kesehatan negatif dari stres hidup. Selain itu, dukungan sosial pada waktu menjelang dan setelah kelahiran memiliki dampak positif yang penting pada kesehatan mental ibu pasca melahirkan.

Sadarilah Bahwa Kesehatan Emosional Penting

Masalah kesehatan selama kehamilan sering kali berpusat pada pemeliharaan kesehatan fisik perempuan sehingga mudah untuk mengabaikan pentingnya kesehatan mental. Kehamilan menandai perubahan besar dalam hidup bagi kebanyakan orang, dan kehamilan membutuhkan penyesuaian psikologis yang dapat berdampak besar pada kesehatan emosional perempuan. Stres emosional selama kehamilan tidak hanya dikaitkan dengan hasil negatif bagi Mom tetapi juga untuk bayi baru lahir.

Ketahui Apa yang Diharapkan

Baik untuk dipersiapkan dan memiliki rencana, tetapi kehamilan tidak dapat diprediksi dan terkadang rencana itu gagal. Bersiap secara mental untuk kehamilan juga berarti membangun pemahaman tentang apa yang dapat Mom antisipasi selama periode prenatal. Kehamilan dapat mencakup baik yang diharapkan seperti penambahan berat badan, mengidam makanan aneh, sakit, dan nyeri hingga yang tidak terduga. Sebelum Mom hamil, pelajari lebih lanjut tentang beberapa gejala umum yang terkait dengan kehamilan serta beberapa komplikasi yang mungkin dialami.

Nah, yang paling penting saat mempersiapkan kehamilan dan persailanan adalah Kesehatan mental Mom. Karena ini dapat memengaruhi Kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.

Cek Video di Bawah Ini

#Changemaker

;
Loading