Sukses

Parenting

5 Cara Tumbuhkan Kebiasaan Ngemil Sehat pada Anak

Fimela.com, Jakarta Gizi yang lengkap pada makanan merupakan hal terpenting dalam pertumbuhan anak. Bukan hanya makanan pokok, anak juga membutuhkan camilan sehat. Sayangnya, banyak anak-anak yang sudah terbiasa dengan ngemil tidak sehat. Seperti makan makanan yang mengandung pengawet, atau minuman mengandung banyak gula. 

Menurut dr. Attila Dewanti, Sp.A (K), dokter spesialis anak di RS Brawijaya Antasari, tidak ada kata terlambat dalam menumbuhkan kebiasaan ngemil yang baik pada anak. Menurutnya. Orangtua harus memberikan teladan yang baik karena anak akan meniru gaya hidup dan pola ngemil orangtuanya. 

“Ketika anak-anak lebih banyak beraktivitas di rumah seperti saat pandemi ini, ia cenderung mengkonsumsi lebih banyak camilan karena rasa bosan beraktivitas seharian di rumah. Sebaliknya, ini dapat menjadi momentum emas bagi orang tua untuk menumbuhkan kebiasaan baru, yakni memilih cemilan yang lebih baik. Hal yang paling penting adalah, orang tua harus bisa memberikan teladan yang baik, karena anak-anak akan meniru gaya hidup atau pola ngemil orangtuanya," katanya. 

Untuk membangun kebiasaan ngemil sehat pada anak, Paddle Pop membagikan 5 tips sebagai berikut; 

1. Pilihan Camilan

Jangan hanya menyodorkan camilan sehat pada anak, tapi libatkan juga mereka pada saat memilih camilan untuk mereka. Momen ini sangat baik untuk membangun diskusi bersama anak mengenai keuntungan dan kandungan-kandungan bergizi yang ada di dalam camilan mereka. 

2. Catat

Catat camilan favorit anakmu. Selain resepnya, catat juga kandungan kalori dan gulanya. Bandingkan dengan daftar batas kandungan gula dan kalori untuk kebtuuhan gizi hariannya. Kamu bisa membuat tabel sederhana untuk ditempel di pintu kulkas. 

3. Sesuaikan dengan Selera Anak

Agar mereka mau makan makanan yang lebih sehat, cobalah untuk membuat camilan sehat yang sesuai dengan seleranya. Tapi, jangan lupa untuk mengatur porsi atau memilih kandungan yang tepat untuk kebiasaan tubuhnya. 

4. Sesi Edukasi 

 

Ajak anak belajar tentang camilan baik dengan cara menyenangkan. Seperti bermain games, atau teka-teki.

5. Teladan yang Baik

Orangtua adalah role model bagi anak-anak. Untuk itu, anak akan meniru karakter, sikap, dan gaya hidup orangtuanya. Jadi, untuk membangun kebiasaan ngemil sehat pada anak, kamu harus menjadi contoh yang baik bagi mereka. 

“Paddle Pop berkomitmen menjadi mitra bagi orang tua dalam memberikan cemilan baik untuk anak. Tidak hanya menghadirkan produk yang berkualitas dan baik dikonsumsi masyarakat, kami juga turut mengedukasi dan berkomunikasi langsung dengan orang tua, karena kami percaya merekalah pembuat keputusan utama dalam menentukan cemilan baik untuk anak,” ungkap Memoria Dwi Prasita, Head of Marketing Ice Cream Unilever Indonesia.

#elevate women

What's On Fimela
Loading