Sukses

Parenting

5 Tips Mengatasi Anak yang Malas, Malas Bisa Menjadi Kebiasaan

Fimela.com, Jakarta Banyak anak yang tidak termotivasi melakukan sesuatu atau berkegiatan, dan hanya ingin dilakukan hanyalah bermain video game atau menonton televisi. Ini adalah sifat pemalas pada anak yang lama-kelamaan akan melekat pada hingga ia tumbuh jika tidak segera diatasi.

Jadi, di sini adalah beberapa tips untuk Sahabat Fimela dalam mengatasi rasa malas pada diri anak. Yuk! Langsung saja, simak ulasan berikut ini.

Tegaslah pada Anak

Biarkan anak belajar tentang pentingnya menghargai sesuatu, jangan mudah menyerah dan mengalah pada tuntutannya. Saat mereka tidak melakukan tugasnya dengan baik, maka jangan membiasakan anak dengan iming-iming upah atau hadiah tertentu. Mintalah ia menyelesaikan tugasnya dengan baik agar ia bisa bertanggung jawab pada dirinya sendiri.

Jadilah Contoh bagi Anak

Ada kutipan yang terkenal, “Anak-anak belajar dari siapa yang mengajarkan, bukan dari apa yang diajarkan. Sehingga, jadilah teladan yang baik bagi mereka karena anak akan selalu memperhatikan oangtua dan menirukannya. Jika orangtua ingin membesarkan anak agar memiliki sifat rajin, maka mulailah dengan mencontohkannya hal-hal kecil, seperti menyelesaikan pekerjaan rumah tepat waktu, membersihkan pakaian sendiri, mandi tepat waktu dan sebagainya.

Buatkanlah Daftar Kegiatan

Daripada mendorong mereka untuk melakukan tugas sehari-hari, lebih baik buatkanlah daftar tugas yang sesuai dengan usia yang memungkinkan anak mengetahui semua tugas yang harus dilakukan. Daftar yang dibuatkan juga harus mencakup tenggat waktu yang diharapkan sehingga anak dapat memastikan bahwa itu bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Libatkanlah Anak dalam Pekerjaan Dapur

Libatkan anak untuk tugas-tugas sederhana seperti mencuci sayuran, mengupas, memotongnya dan sebagainya. Begitu juga saat menyiapkan makanan dan menyajikannya di atas meja. Orangtua juga bisa mengajaknya berbelanja bahan makanan yang akan menjadi kegiatan yang menarik bagi anak. Dari kegiatan sederhana tersebut anak akan mempelajari beberapa hal penting seperti perencanaan anggaran, memilih sesuatu dan membuat keputusan.

Melibatkan Anak dalam Kegiatan Sosial

Biarkan anak belajar untuk berbagi dan memberi di sekitar lingkungannya. Biarkan anak menjadi sukarelawan dalam berbagai acara yang idenya adalah untuk menyemangati dan membuat mereka bergerak untuk melakukan sesuatu. Ketika anak belajar untuk memberi, mereka juga belajar untuk bersyukur atas apa yang mereka miliki dan mengajarkan anak seni menggunakan waktu yang ia miliki dengan baik.

Demikianlah beberapa tips untuk mengatasi rasa malas pada anak agar ia lebih termotivasi dalam berkegiatan. Semoga bermanfaat.

#ElevateWomen

Loading