Sukses

Parenting

Waspadai Parental Burnout yang Bikin Orangtua Ogah Mengasuh Anak

Fimela.com, Jakarta Kurang lebih setahun terakhir, peran orangtua benar-benar diuji karena harus tetap bekerja dari rumah sembari mendampingi anak melakukan pembelajaran jarak jauh. Berbagai tantangan pun kerap dialami orangtua yang memicu timbulnya kelelahan, stres, dan berkurangnya rasa percaya diri dalam mengasuh anak.

Psikolog Anak Saskhya Aulia Prima menyebut selama situasi di rumah saja dan masa PSBB orangtua menghadapi penambahan dan perubahan tugas dan aktivitas sehari-hari. Ditambah dengan perubahan yang tidak pasti akan menambah beban pikiran.

"Situasi ini membuat orang tua rentan mengalami ‘parental burnout’ atau kondisi kelelahan yang sangat intens dalam menjalankan pengasuhan. Ketika mengalami kondisi ini, orang tua dapat merasa jauh secara emosional dengan anak hingga meragukan kemampuan diri dalam menjalani peran sebagai orang tua," ujar Saskhya.

Disebut dalam survei bahwa 52% orangtua yang memiliki anak berusia di bawah 12 tahun mengalami kesulitan dalam mengasuh anak di tahun 2020. Umumnya, hal ini terjadi pada ibu yang mengambil peran lebih banyak dibandingkan ayah dalam mengasuh anak.

 

Lazada Baby & Kids Festival

Survei yang dilakukan Lazada dan Babyologist kepada lebih dari 400ribu ibu di Indonesia juga menunjukkan hal serupa. Dari survei tersebut, 84% ibu merasakan kelelahan mental dan fisik selama masa PSBB. Bahkan 87% mengaku menjadi lebih sensitif serta pernah merasa tidak percaya diri hingga merasa gagal dalam mengasuh anak.

Untuk mendukung ibu dalam mengasuh anak, Lazada kenbali mengadakan Lazada Baby & Kids Festival. Dengan serangakaian seminar edukasi parenting, kegiatan ini menampilkan para ahali di bidangnya masing-masing. Mulai dari dokter anak, psikolog, hingga konselor keluarga yang sesuai dengan kebutuhan orangtua di masa pandemi.

Selain seminar edukasi, Lazada juga memberikan penawaran menarik selama Lazada Baby & Kids Festival. Para ibu bisa mendapatkan diskon hingga 50%, ribuan voucher, hingga gratis ongkir ketika berbelanja perlengkapan ibu, bayi, dan anak khusus di Lazada Baby Flagship Store.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

Loading
Artikel Selanjutnya
Kehilangan Pekerjaan dan Mengasuh Anak Meningkatkan Kekerasan Berbasis Gender Selama Pandemi COVID-19
Artikel Selanjutnya
Cara Mengasuh Anak Berdasarkan 12 Zodiak