Sukses

Parenting

Lengkapi Nutrisi Si Kecil, Ini 7 Sayuran yang Baik untuk Anak 1 Tahun

Fimela.com, Jakarta Anak umur 1 tahun terus berkembang dan bertumbuh dengan sangat cepat. Memastikan mereka mendapatkan makanan yang dibutuhkan mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua.

Pilihan makanan yang tidak konsisten dan nafsu makan yang berubah-ubah adalah hal yang wajar pada usia ini. Walaupun seringkali membuat frustasi, hal ini sepenuhnya normal karena balita yang baru akan membangun kemandirian dan belajar untuk membedakan isyarat kenyang dan rasa lapar dari tubuh mereka.

Pada saat anak mencapai usia 12 bulan, balita membutuhkan sekitar 1.000 kalori, 700 mg kalsium, 600 IU vitamin D, dan 7 mg zat besi setiap hari untuk mendukung pertumbuhan yang tepat, menurut American Academy of Pediatrics. Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara terbaik memberi makan anak yang berusia 1 tahun dengan asupan yang dibutuhkan tubuh.

Dilansir dari healthline.com, berikut adalah sayuran yang baik dimakan untuk anak usia 1 tahun.

Brokoli

Brokoli memiliki senyawa pelawan kanker dan mikronutrien yang berlimpah. Brokoli adalah sayuran yang sangat sehat untuk orang dari segala usia. Tips memudahkan anak untuk makanan sayuran ini dengan menyajikan brokoli kukus atau panggang saja, atau tambahkan ke hidangan pasta, kentang panggang keju, atau sup.

Kacang Polong

Kacang polong adalah pilihan yang sangat baik untuk anak. Bola hijau kecil ini adalah salah satu sayuran berprotein tertinggi. Untuk penyajiannya, cukup kukus kacang polong beku dan blender hingga menjadi bubur. Kacang Polong dapat ditambahkan sedikit ASI untuk mendapatkan konsistensi yang lebih encer.

 

 

Wortel

Wortel favorit Bugs Bunny adalah makanan pokok yang baik untuk anak-anak. Wortel mengandung banyak serat untuk meningkatkan pencernaan yang sehat, serta beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A untuk meningkatkan penglihatan dan fungsi kekebalan tubuh.

Bayam

Baya kaya akan zat besi, nutrisi yang sangat dibutuhkan bayi untuk energi dan perkembangan. Bayam yang dimasak dan dihaluskan paling baik untuk anak berumur satu tahun.

Tambahkan taburan garam untuk menambah rasa. Baby Spinach dapat dicampurkan dengan pasta, sedangkan sayur bayam dapat dibuatkan sop dicampur dengan jagung yang sudah diparut.

Labu kuning

Labu akan menjadi sayuran yang baik untuk anak. Tekstur halus labu bubur sangat ideal sebagai salah satu makanan pertama bayi, dan kandungan A dan C yang tinggi melengkapi profil nutrisinya.

Ubi jalar

Ubi jalar yang telah dihaluskan tidak hanya membuat penyajian yang mudah dikupas untuk si kecil, mereka juga sarat dengan nutrisi. Seperti wortel dan labu, ubi jalar mengandung vitamin A yang mendukung kekebalan dan penglihatan, ditambah banyak serat, mangan, vitamin B6, dan vitamin C. Saat menyajikan ubi jalar untuk anak, pastikan untuk menumbuk dengan baik dan mengupas kulitnya.

Alpukat

Banyak orang yang mengkategorikan alpukat sebagai sayuran dibandingkan buah. Alpukat adalah pahlawan lemak tak jenuh tunggal yang sehat.

Makronutrien penting ini membantu perkembangan otak dan sistem saraf bayi, serta meningkatkan penyerapan vitamin A, D, E, dan K yang larut dalam lemak. Sementara itu, setiap porsi alpukat memiliki dosis serat dan folat yang cukup besar. Ingatlah bahwa sedikit alpukat tinggi lemak akan sangat bermanfaat.

 

*Penulis : Adonia Bernike Anaya (Nia).

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading