Sukses

Parenting

Usia Berapa si Kecil Mengenal Warna? Ini Waktu Terbaik Mengajarkannya

Fimela.com, Jakarta Anak-anak terus menerus dibanjiri dengan dunia mainan dan pakaian berwarna cerah yang dirancang untuk menarik minat visual mereka sejak masa bayi hingga masa kanak-kanak. Belajar membedakan antara warna-warna ini adalah tonggak perkembangan yang sangat besar, tetapi kapan usia si kecil mengenal warna?

Dokter anak perkembangan dan perilaku bersertifikat Dr. Eboni Hollier dari Houston, Texas mengatakan anak-anak mulai dapat mengenali warna sekitar usia 18 bulan.

"Namun biasanya sedikit lebih lambat ketika balita dapat menyebutkan warna. Kebanyakan anak dapat menyebutkan setidaknya satu warna pada usia 3 tahun,” kata Hollier, dikutip dari Romper.

Oleh sebab itu, ini adalah waktu yang tepat untuk mulai mengenalkannya beragam warna. Lalu bagaimana cara terbaik untuk mengenalkan warna pada anak? Berikut ini selengkapnya seperti yang dikutip dari Teaching Littles.

1. Mulai dari cara sederhana

Jangan membanjiri si kecil dengan terlalu banyak warna sekaligus. Fokuslah pada dua warna dan kemudian tambahkan lebih banyak saat mereka terbiasa dengan itu.

Kapan pun kamu melihat kedua warna itu, tunjukkan pada buah hatimu. Beri label dan bicarakan dengan jelas tentang objek merah versus objek hijau. Minta mereka untuk mengurutkan hanya benda-benda yang berwarna merah atau hijau. Setelah mereka terbiasa dengan merah dan hijau dan perbedaan antara keduanya, tambahkan kuning. Dan begitu seterusnya.

2. Bedakan warna kontras

Sebaiknya gunakan warna yang sama sekali tidak mirip satu sama lain sehingga tidak membingungkan balitamu. Barang-barang yang memiliki warna kontras akan lebih menonjol ketika mereka belajar.

3. Beri label semua warna

Ini akan membantu mereka dengan cepat membangun bahasa dan kosa kata mereka. Apa pun yang mereka lihat di dunia sehari-hari mereka memiliki warna. Pastikan untuk melabeli objek secara verbal dengan nama.

4. Warnai dengan krayon dan spidol 

Mewarnai adalah keterampilan yang hebat bagi balita untuk mengembangkan keterampilan motorik halus dan visual (mengkoordinasikan tangan dan mata mereka untuk melakukan suatu tugas).

Mintalah si kecil menggunakan krayon untuk mencoret-coret kertas dan menunjukkan serta memberi label warna yang mereka gunakan.

5.  Gunakan video musik

Anak-anak senang mendengarkan musik. Oleh karena itu ajak dia menonton video tentang warna. Menggunakan lagu (terutama dengan visual) adalah cara yang bagus untuk mengajari anakmu konsep baru. 

Memasukkan kata-kata ke musik membantu hal-hal untuk melekat lebih baik di otak mereka dan akan memberi mereka kesempatan lebih tinggi untuk mempelajari keterampilan.

 

Simak Video Berikut

#Elevate Women 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading