Sukses

Parenting

5 Cara Memilih Bedak Bayi yang Aman Digunakan

Fimela.com, Jakarta Bedak bayi adalah salah satu produk yang digunakan bayi setelah mandi, untuk mencegah ruam, menjaga kelembapan kulit bayi, membuat kulit tetap halus dan memberikan aroma wangi di kulit bayi.

Sebenarnya bedak bayi kurang dianjurkan untuk digunakan bayi yang baru lahir, karena partikel talc yang terdapat pada bedak bayi, bisa terhirup dan membahayakan sistem pernapasan bayi. Untuk itu Sahabat Fimela harus memilih produk bedak bayi yang tepat, agar tidak membahayakan kesehatan si kecil.

Selain memilih produk dengan tepat, Mom juga harus menggunakan bedak bayi dengan cara yang benar, agar membuat bayi menjadi nyaman dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Berikut cara memilih bedak bayi, yang dilansir dari berbagai sumber:

 

Cara Memilih Bedak Bayi

1. Pilih Bedak Hipoalergenik

Cara memilih bedak bayi yang pertama, yaitu memilih bedak bayi yang memiliki klaim hipoalergenik. Karena kulit bayi masih sangat sensitif dan lembut, maka akan sangat mudah terkena iritasi. Untuk itu, Mom harus memilih produk yang sudah di tes oleh dokter kulit dan memiliki klaim hipoalerngenik, agar kulit bayi terhindar dari alergi dan iritasi.

2. Hindari Menggunakan Bedak Bayi Berbahan Talc

Bedak bayi yang memiliki kandungan talc, sangat tidak direkomendasikan untuk bayi. Karena kandungan talc ini mengandung racun, yang bisa menyerang sistem pernapasan bayi dan bisa menyebabkan kematian, jika kandungan talc ini terhirup oleh bayi.

3. Pilih yang Mengandung Bahan Alami

Cara memilih bedak bayi yang selanjutnya, yaitu memilih produk yang mengandung bahan alami, seperti minyak zaitun atau ekstrak bunga chamomile. Selain bisa membantu melembapkan kulit bayi, kandungan ini bisa membuat tubuh bayi menjadi lebih wangi, namun baunya tidak menyengat.

4. Pilih Bedak Cair

Kalau kamu takut menggunakan bedak bayi yang tabur, kamu bisa memilih bedak bayi yang teksturnya cair. Bedak bayi cair ini sangat minim risikonya terhirup oleh bayi dan lebih efektif digunakan, untuk membuat tubuh bayi nyaman, mengurangi gatal dan menenangkan kulit bayi yang iritasi.

5. Hindari Kandungan Zat Aditif Kimia Berbahaya

Cara memilih bedak bayi yang terakhir, yaitu memilih bedak bayi yang tidak memiliki kandungan zat aditif kimia berbahaya, seperti alkohol, parfum dan paraben. Zat aditif ini bisa membuat kulit gatal-gatal, ruam dan menimbulkan penyakit kulit yang berbahaya.

Cara Menggunakan Bedak Bayi

Saat menggunakan bedak bayi, usahakan untuk mengaplikasikan bedak ke tubuh bayi dengan berhati-hati, agar bubuknya tidak terhirup oleh bayi. Usahakan untuk menuangkan bedak bayi ke tangan terlebih dahulu, tetapi jangan sampai terkena mata dan hidung bayi.

Setelah bedak bayi dituangkan ke tangan, usapkan bedak di tangan dan usap lembut tubuh bayi menggunakan tangan. Pastikan bedak yang diusapkan ke tubuh bayi tidak terlalu tebal, agar tubuh bayi terasa nyaman dan tidak iritasi.

Hindari mengaplikasikan bedak bayi secara langsung ke area kemaluan, karena bisa membuat iritasi dan gatal. Gunakan bedak di area area dan punggung saja. Jangan lupa untuk selalu menjauhkan bedak dari jangkauan anak-anak agar tidak berbahaya.

Rekomendasi Bedak Bayi

1. Pigeon Baby Compact Powder Hypoallergenic

Rekomendasi bedak bayi yang pertama adalah Pigeon Baby Compact Powder Hypoallergenic. Produk ini termasuk bedak bayi dengan bentuk padat, yang memiliki klaim hipoalergenik. Produk ini bisa membantu mencegah gatal-gatal dan iritasi kulit karena keringat. Harga produk ini sekitar Rp 30ribuan.

2. Zwitsal Baby Powder Classic Soft Floral

Produk yang selanjutnya adalah Zwitsal Baby Powder Classic Soft Floral. Bedak bayi ini memiliki kandungan canola Oil, yang bisa membantu melembutkan dan menghaluskan kulit bayi. Produk yang memiliki aroma bunga-bunga yang lembut ini, dijual dengan harga sekitar Rp 15ribuan.

3. My Baby Powder Soft & Gentle

Rekomendasi bedak bayi yang selanjutnya adalah My Baby Powder Soft & Gentle. Ekstrak chamomile oil yang terdapat di dalam bedak bayi ini, bisa membantu menjaga kelembapan kulit bayi, sehingga kulit bayi terbebas dari biang keringat. Bedak bayi yang bisa membantu mencegah iritasi ringan di kulit bayi ini, dijual dengan harga sekitar Rp 15ribuan.

4. Konicare Bedak Biang Keringat

Agar terhindar dari biang keringat, bedak bayi dari Konicare Bedak Biang Keringat bisa dijadikan sebagai solusi yang baik. Bedak bayi ini mengandung calamine, zinc oxide, vitamin E, zinc ztearate dan magnesium carbonat, yang bisa mengatasi gatal di kulit. Harga produk ini sekitar Rp 16ribuan.

5. Caladine Powder

Rekomendasi bedak bayi yang terakhir adalah Caladine Powder. Bedak ini sangat cocok digunakan untuk kulit bayi yang mengalami gatal dan ruam akibat iritasi atau gigitan serangga. Karena produk ini mengandung calamine, champora dan zinc oxid. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 15ribuan.

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Penyebab Jerawat di Dahi Yuk Cari Tahu Cara Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
Jangan Biasakan Menahan Buang Air Kecil, Dapat Menyebabkan Infeksi Saluran Kencing