Sukses

Parenting

7 Manfaat Dongeng bagi Anak Usia Dini

Fimela.com, Jakarta Mendongeng tak hanya bermanfaat untuk menghibur anak-anak, namun juga bermanfaat bagi keterampilan kognitif bagi anak. Melalui bercerita atau mendongeng, anak-anak akan semakin terampil dalam komunikasi, meningkatkan kosa kata anak-anak, dan membuat imajinasi mereka berkembang. Berikut adalah beberapa manfaat dongeng bagi anak usia dini.

1. Menanamkan kebaikan dalam diri anak

Anak kecil suka mendengarkan cerita. Ceritakan kepada mereka cerita dengan karakter yang nilainya dapat mereka tiru atau ceritakan dengan pesan yang bermakna. Meluangkan waktu untuk melakukan ini menanamkan pelajaran berharga pada anak-anak dan membantu mereka belajar tentang kebaikan dan kebijaksanaan.

2. Meningkatkan keterampilan mendengarkan

Tidak selalu mudah untuk menahan perhatian anak dalam waktu lama. Banyak anak merasa sulit untuk berkonsentrasi pada sesuatu untuk waktu yang lama. Namun, mendongeng dengan anak dapat membantu meningkatkan keterampilan mendengarkan mereka. Mereka akan menjadi lebih perhatian dan belajar bagaimana meningkatkan fokus mereka pada topik tertentu.

3. Menumbuhkan imajinasi mereka

Ketika anak-anak mendengarkan sebuah cerita, itu membuat mereka membayangkan karakter, plot, setting, dll. Jauh berbeda dari menonton sesuatu di layar. Mendongeng mendorong imajinasi anak-anak menjadi liar saat cerita dibuka. Bahkan dapat meningkatkan kreativitas mereka dan membuat mereka terbuka terhadap ide-ide baru.

4. Meningkatkan pemahaman budaya

Bercerita membuka mata anak-anak muda untuk hal-hal baru – tempat, budaya, tradisi. Itu membuat mereka membayangkan berada di tempat karakter cerita yang mengembangkan empati mereka saat mereka mencoba memahami tindakan mereka.

5. Meningkatkan keterampilan komunikasi anak

Membacakan dan mendongeng kepada anak dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk mengekspresikan diri. Ini mendorong mereka untuk mengomunikasikan pikiran, perasaan, dan ide mereka. Saat melakukan storytelling, pastikan untuk mendorong si kecil untuk bertanya atau mendiskusikan pemikirannya.

6. Membantu mempertajam memori

Mendongeng adalah cara terbaik untuk mempertajam ingatan anak Anda. Ketika orangtua membacakan sebuah cerita untuk mereka, orangtua dapat melakukan review atau meminta mereka untuk mengingat beberapa detailnya. Ajukan pertanyaan kepada mereka dan lihat seberapa banyak informasi yang mereka simpan.

7. Meningkatkan keterampilan sosial

Melalui mendongeng, anak-anak belajar bagaimana memperhatikan dan mendengarkan secara aktif orang yang berbicara. Mereka belajar untuk lebih sabar ketika mereka mendengarkan orang lain berbicara. Ini juga membuka mata mereka terhadap pemikiran orang lain dan memahami bagaimana pendapat setiap orang berbeda-beda.

Sangat banyak sekali, ya, manfaat yang didapatkan dari mendongeng atau bercerita pada anak. Jadi, jangan lupa untuk menyempatkan membacakan buku cerita pada anak sebelum tidur untuk melatih kemampuan komunikasi, imajinasi dan keterampilan mereka.

 

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading