Sukses

Parenting

Panduan Berat Badan Bayi Ideal Selama Satu Tahun Pertama

Fimela.com, Jakarta Seperti orang dewasa, bayi datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, tetapi seiring pertumbuhan, berat badan bayi menjadi acuan penting bahwa mereka mendapatkan nutrisi dengan baik. Berat badan bayi juga merupakan indikator positif bahwa si kecil bahagia dan sehat. 

Penting untuk mengawasi kenaikan atau penurunan berat badan bayi, namun seringkali hal itu membuat orangtua merasa khawatir tentang apakah bayi mereka terlalu besar atau terlalu kecil.

Seperti banyak orangtua, kamu mungkin bertanya-tanya apakah bayimu tumbuh normal. Bayi yang sehat dapat memiliki berbagai ukuran, tetapi perkembangannya cenderung cukup dapat diprediksi. Saat pemeriksaan, dokter akan melihat tinggi, berat, dan usia si kecil untuk melihat apakah bayi tumbuh seperti yang diharapkan.

Grafik berat badan bayi adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengetahui apakah bayimu memiliki berat badan yang ideal atau tidak. The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan penggunaan bagan World Health Organization (WHO) untuk bayi berusia 0-2 tahun, dikutip dari Medical News Today

Lalu, berapa berat badan ideal untuk bayi selama satu tahun pertamanya? Simak penjelasan berikut.

Berat badan bayi untuk satu tahun pertamanya

Setiap bayi berbeda, tetapi inilah yang biasanya diharapkan dalam 12 bulan pertama kehidupannya. 

Untuk 2 minggu pertama

Dilansir dari verywellfamily.com, selama beberapa hari pertama kehidupan, normal bagi bayi baru lahir yang diberi ASI dan susu botol ketika kehilangan berat badannya. 

Bayi yang diberi susu botol dapat kehilangan 5% dari berat badannya, dan bayi baru lahir yang disusui secara eksklusif dapat kehidlangan hinggal 10% berat badannya. 

Namun, dalam waktu dua minggu, sebagian besar bayi nbaru lahir dapat mendapatkan kembali semua berat yang telah hilang, dan kembali ke berat lahir mereka. 

Ketika berusia 1 bulan

Sebagian besar bayi akan bertambah sekitar satu pon di atas berat lahir mereka pada bulan pertama. Pada usia ini, bayi tidak mengantuk, mereka mulai mengembangkan pola makan yang teratur dan memiliki isapan yang lebih kuat selama menyusui. 

Idealnya, bayi dengan usia satu bulan memiliki berat sekitar 4,5 kilogram untuk bayi laki-laki, dan 4,2 kilogram untuk bayi perempuan

Ketika berusia 6 bulan

Rata-rata, bayi bertambah sekitar satu pon setiap bulan selama enam bulan pertama. Berat rata-rata ada enam bulan adalah 7,9 kilogram untuk bayi laki-laki, dan 7,3 kilogram untuk bayi perempuan

Ketika berusia 1 tahun

Antara usia enam bulan dan satu tahun, penambahan berat badan jadi sedikit melambat. Sebagian besar bayi menggandakan beat lahir mereka pada usia lima hingga enam bulan, dan tiga kali lipat pada saat mereka berusia satu tahun. 

Pada usia inilah, berat badan rata-rata bayi laki-laki adalah sekitar 9,6 kilogram, dan berat badan rata-rata bayi perempuan adalah sekitar 8,9 kilogram.

Yang perlu diingat oleh orang tua

Cobalah untuk tidak terlalu fokus pada berat badan sebagai satu-satunya indikator perkembangan fisik. Pengukuran lain yang menunjukkan perkembangan fisik termasuk panjang bayi dan lingkar kepalanya. 

Dilansir dari Medical News Today, menggabungkan ketiga pengukuran ini memberi dokter indikasi tentang bagaimana bayi tumbuh dibandingkan dengan bayi lain pada usia dan jenis kelamin yang sama. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#elevatewomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Daftar Makanan Tinggi Kalori untuk Balita yang Kekurangan Berat Badan
Artikel Selanjutnya
5 Makanan Kaya Nutrisi Bagi Ibu Menyusui agar Bayi Cerdas dan Sehat