Sukses

Parenting

Tips Memilih Popok Bayi Baru Lahir, Harga Mahal Lebih Baik dari yang Murah?

Fimela.com, Jakarta Popok bayi adalah hal yang wajib dipersiapkan menjelang kelahiran manusia baru yang ditunggu-tunggu. Namun setiap orangtua terutama papa-mama baru pasti akan dihadapi beragam keraguan dengan segudang pertanyaan.

Merek apa yang bagus? Apakah akan bocor? Benarkah harga mahal lebih baik daripada yang murah? Dan masih banyak lagi. Berikut tips memilih popok bayi baru lahir;

Popok adalah salah satu kebutuhan terbesar yang dibutuhkan bayi sampai mereka cukup besar untuk dilatih menggunakan toilet. Bagi bayi baru lahir, biasanya akan menghabiskan sekitar sepuluh atau lebih karena ia akan buang air sepanjang hari dan berkurang secara bertahap seiring pertumbuhan mereka.

 

Popok sekali pakai atau tidak

Ada dua jenis popok, popok sekali pakai dan popok kain. Tentunya popok sekali pakai lebih mahal ketimbang kain. Jika kita mencari yang 'ramah lingkungan' biayanya bisa dua kali lipat dari yang dibayangkan.

Namun popok sekali pakai lebih nyaman digunakan. Setelah kotor kita langsung dapat membuangnya. Popok sekali pakai juga lebih menyerap karena dibuat dengan bantalan yang mengandung kristal untuk menyerap cairan dan mempertahankannya dalam bentuk gel. 

Untuk popok kain, akan memakan waktu untuk mencuci terutama jika harus sering diganti. Mereka mungkin tidak menyerap seperti popok sekali pakai, tapi ramah lingkungan dan hemat biaya.

 

 

Jenis popok sekali pakai yang berbeda

Ada banyak jenis popok sekali pakai di pasaran. Dari mulai newborn, premium, standard, pull-up, training pants dan swim diaper. Pada berbagai tahap pertumbuhan bayi, kita perlu mendapati berbagai jenis popok.

Pantat bayi baru lahir cukup kecil maka pilihlah popok ukuran newborn. Sementara untuk bayi prematur, ada opsi yang lebih kecil dari popok untuk newborn.

Untuk sisa perjalanan pertumbuhan bayi, ada popok standar untuk penggunaan harian. Saat mereka mencapai usia balita, disarankan untuk melakukan pull-up karena mereka sangat aktif. 

Begitu sampai pada tahap potty training bisa menggunakan popok berbentuk celana dalam. Dan jika ingin mengakanya berenang, ada popok untuk bermain air yang sekali pakai atau bisa digunakan kembali. 

Sebab popok standar dibuat untuk menampung cairan jumlah besar yang akan mengembang saat basah. Namun popok renang didesain agar kurang menyerap air tapi tetap mampun menyerap kotoran, serta tidak mengembang dan menjadi berat saat bayi ada di dalam air.

 

 

Banyak merek, banyak pilihan

Buat catatan untuk melihat berapa kali kita mengganti popok sepanjang hari. Apakah popok menyebabkan kebocoran atau ruam pada pantat bayi? 

Apakah harganya terjangkau? Karena beda merek beda juga harganya. Jadi, dianjurkan agar kita mencoba beberapa merek sebelum memutuskan untuk memakai satu merek.

Apakah ukuran popok tepat?

Ini cukup membingungkan, karena semua pantat bayi memiliki ragam ukuran. Biasanya ukuran popok dikategorikan berdasarkan beratnya.

Dan merek berbeda akan memiliki ukuran sedikit berbeda juga. Jadi coba untuk tidak membeli dalam jumlah banyak terlebih dahulu untuk membantu membuat keputusan.

Kesimpulannya jangan pernah berpikir pilihan kita mungkin salah dibandingkan dengan orangtua lain. Membeli popok adalah bagian dari coba-coba dan menyesuaikan dengan kemampuan kita. Jadi, jangan bingung lagi, ya!

What's On Fimela
Loading