Sukses

Parenting

5 Perlengkapan Bayi Terpenting untuk Menyambut Kedatangan Sang Buah Hati

Fimela.com, Jakarta Momen kedatangan sang buah hati memang menjadi momen yang paling membahagiakan bagi para ibu. Menyambut anggota baru dalam keluarga menjadi momen yang menyenangkan bagi semua orang. Mendekati waktu kelahiran, pasti para ibu ingin mempersiapkan semua yang terbaik bagi buah hati, terutama segala perlengkapan bayi.

Namun, memilih perlengkapan bayi yang penting mungkin dapat menjadi kebingungan bagi kelahiran pertama ibu. Tentunya para ibu ingin memberikan suasana nyaman dan menyenangkan bagi sang buah hati. 

Tak perlu khawatir, terdapat beberapa perlengkapan bayi yang esensial yang dapat menjadi panduan bagi para ibu. Mulai dari popok sampai kesehatan bayi, berikut informasinya dirangkum dari thebump.com.

 

Mempersiapkan pakaian bayi

Mempersiapkan baju bayi bagi sang buah hati memang menjadi momen yang sangat menggemaskan. Baju-baju lucu di toko bayi pasti membuat para ibu ingin memilikinya. Namun, akan lebih baik jika kita mempersiapkan baju dengan bahan dan jahitan yang nyaman. Baju yang nyaman akan membuat buah hati lebih nyaman dalam bergerak. 

Pilihlah setelan baju yang nyaman agar menjaga buah hati tetap hangat dan nyaman. Kemudian pilihlah sarung tangan dan kaos kaki agar tetap menjaga kehangatan sang buah hati. Untuk mencuci pakaian bayi, pilihlah detergen khusus, hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan reaksi alergi maupun iritasi pada bayi.

 

Mempersiapkan tempat tidur bayi

Mendekorasi kamar bayi akan menjadi momen yang menyenangkan bagi para ibu. Namun, pastikan memilih peralatan dan dekorasi yang tepat agar tetap menjaga kenyamanan sang buah hati. Memilih peralatan yang mudah dipasang dan digunakan menjadi poin penting untuk mempersiapkan tempat tidur bayi. 

Pilihlah tempat tidur bayi dengan ukuran yang sesuai. Menemani tempat tidur bayi, jangan lupa membeli alas kasur dengan bahan yang nyaman agar membuat sang buah hati dapat tidur dengan tenang dan nyenyak. 

Jika ibu tidak tidur seruangan dengan sang buah hati, akan lebih aman jika memasang monitor bayi untuk dapat memperhatikan keadaan bayi. 

 

Mempersiapkan alat mandi

Momen memandikan bayi akan menjadi waktu yang sangat menyenangkan bagi ibu dan juga sang buah hati. Pastikan momen tersebut ditemani dengan peralatan yang tepat dan baik bagi bayi. Pilihlah tempat mandi yang nyaman dan tidak licin agar menjaga keamanan bayi saat mandi.

Perhatikan juga pemilihan sabun dan shampo, pastikan memilih sabun dan shampo dengan bahan yang lembut agar tidak mengiritasi dan melukai kulit bayi. Persiapkan juga handuk yang lembut dan tidak membuat kulit bayi teriritasi.

 

Mempersiapkan alat makan bayi

Mempersiapkan kebutuhan makan untuk bayi harus menjadi perhatian ekstra bagi para ibu. Memperhatikan jam makan dan peralatan makan bayi menjadi hal yang penting. Pastikan mempersiapkan segalanya dengan baik sebelum memberikan makan kepada sang buah hati. 

Jika Sahabat Fimela merupakan ibu menyusui, pastikan menyiapkan alat pompa ASI dan kantong ASI untuk menyimpan ASI jika sewaktu-waktu diperlukan. Namun, jika untuk kondisi tertentu dan bayi harus mengonsumsi susu formula, siapkan susu formula sesuai anjuran dokter. Pilihlah botol susu yang BPA free dan aman untuk digunakan.

 

 

Mempersiapkan keperluan popok

Perhatikan keperluan popok bayi yang menjadi salah satu kebutuhan penting. Mengganti popok bayi memang terdengar sedikit merepotkan. Namun, terdapat beberapa cara untuk membantu ibu lebih mudah dan cepat dalam mempersiapkan keperluan popok.

Persiapkanlah dua sampai tiga boks besar popok bayi sesuai dengan ukuran, atau satu lusin popok kain dengan enam sampai delapan alas untuk mengganti popok. Bersamaan dengan itu, persiapkan tisu basah dan krim popok untuk menjaga kebersihan dan kelembapan kulit sang buah hati.

Penulis: Meisie Cory

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading