Sukses

Parenting

Jangan Menjauhkan Diri, 4 Tips Ini Bisa Membantumu Menghadapi Orangtua yang Pemarah

Fimela.com, Jakarta Orangtua bagaikan sebuah rumah bagi anak-anaknya. Orangtua melindungi, menjaganya hingga tumbuh dewasa, dan tempat untuk mereka pulang. Bahkan sebagian orangtua mungkin akan lebih sedikit protektif kepada anak-anaknya, karena ia tak ingin terjadi hal buruk kepada buah hatinya.

Setiap orangtua pasti pernah marah kepada anak, bukan karena benci, tetapi kemarahan itu merupakan sebuah tanda sayang orangtua kepada anaknya. Orangtua bisa marah karena ada sebabnya. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengahadapinya dengan tenang. Kendalikan emosimu ketika orangtua saat marah. Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bijak untuk menghadapi orangtua yang pemarah. 

Tetap Tenang

Ketika orangtuamu sering memarahimu, kamu ingin berteriak atau menangis ketika itu berarti sesuatu yang menyakitkan tetapi kamu harus tetap tenang. Keluarlah dari kamar, keluarlah dari rumah, tarik napas dalam-dalam dan cobalah untuk menjaga jarak fisik untuk sementara waktu. Waktu menjaga jarak dibutuhkan agar orangtua juga bisa mengelola emosinya. 

Ekspresikan Emosimu

Jika kamu menghadapi hal seperti ini, kamu harus berbicara dengan seseorang dan mengungkapkan rasa sakitmu alih-alih memendamnya. Ini hanya akan membuatmu semakin frustrasi. Pertama, cobalah untuk berbicara dengan orangtuamu ketika mereka tenang dan beri tahu apa yang mereka lakukan kepadamu dengan suara yang sangat tenang. 

Bicaralah dengan Profesional, Teman atau Orang yang Lebih Tua

Kamu perlu menjaga dirimu kuat secara mental dan emosional dalam situasi seperti ini. Ini adalah saat kamu melampiaskannya kepada seseorang. Bicaralah dengan seseorang yang akan dapat membantu dan juga dapat dipercaya.

Tetap Cintai Orangtuamu

Orangtua yang kasar memang bisa mengacaukan perasaanmu terhadap mereka. Tidak peduli bagaimana beberapa dari mereka memperlakukan kita, kita masih memiliki perasaan yang lembut untuk mereka. Kamu tidak harus memutuskan semua ikatan. Bicaralah dengan seorang profesional tentang cara untuk mengatasi situasi ini.

Meski bertindak keras secara emosional, cobalah untuk memiliki waktu untuk bersama orangtuamu. Bicarakan semua hal yang menjadi keluh kesahmu terhadap tindakan mereka. Mungkin saja, dengan seperti ini, masalah dapat terselesaikan.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading