Sukses

Parenting

Amankah Mengatasi Ruam Popok Pada Bayi dengan Baby Oil?

Fimela.com, Jakarta Apakah itu baby oil? Baby oil merupakan minyak yang mengandung emolien, yaitu zat yang melembapkan dan melembutkan kulit. Emolien topika (untuk kulit) digunakan untuk merawat atau mencegah kulit kering.

Baby oil terkandung dalam produk yang juga mengobati jerawat, bibir pecah-pecah, ruam popok, luka dingin, atau iritasi kulit ringan lainnya. Ada banyak merek dan bentuk emolien topikal yang tersedia.

Lantas apakah baby oil aman digunakan untuk mengatasi ruam popok pada bayi? Melansir dari childrenshospital.org, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi ruam popok pada bayi.

Jika bayi sudah mengalami ruam, hindari membasuhnya dengan diaper wipes, karena dapat membakar dan meningkatkan iritasi. Kita bisa mendudukkan bayi di baskom atau bak yang berisi air hangat selama beberapa menit, atau setiap kali mengganti popok.

Cara ini membantu membersihkan dan bisa jadi juga menenangkan. Atau kita juga bisa menuangkan air hangat dari teko atau menggunakan botol semprot.

 

Hindari Pemakaian Sabun

Lalu jangan mencuci dengan sabun apa pun kecuali ada kotoran yang sangat lengket. Lalu cuci dengan lembut dan bilas dengan perlahan.

Kita juga bisa menggunakan baby oil yang dituangkan pada bola kapas. Lalu usah perlahan pada bagian ruam dan bokong.

Setelah itu, biarkan kulit mengering dengan sendirinya atau tepuk dengan lembut memakai kaun atau haduk kertas lembut. Atau bisa juga menggunakan pengering rambut yang disetel pada suhu dingin.

Biarkan kulit terbuka ke udara sebanyak mungkin. Kencangkan popok dengan longgar dan jangan menggunakan celana karet kedap udara.

#ElevateWomen 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading