Sukses

Parenting

Belajar sambil Bermain, Berikut 4 Cara Membuat Mainan dari Kardus untuk Anak Perempuan

Fimela.com, Jakarta Bermain tentu saja kegiatan yang disukai semua anak. Dengan bermain, mereka akan mendapatkan kesenangan serta hal-hal baru yang bisa mereka pelajari untuk tumbuh kembangnya.

Bagi anak, kreativitas dalam menciptakan imajinasi ketika bermain merupakan kunci agar permainan terasa lebih menyenangkan. Dari benda-benda yang tidak akan terpikirkan oleh orang dewasa dapat dijadikan sebagai mainan, anak dapat menciptakan sesuatu yang baru, khususnya anak perempuan.

Anak perempuan biasanya bisa menggunakan banyak hal sebagai penunjang kegiatan bermain mereka. Mulai dari barang milik ibunya untuk bermain peran, hingga teman khayalan untuk diajak bicara. Dengan fakta tersebut, anak tidak selalu membutuhkan mainan yang dibeli di toko untuk untuk bisa bermain. Mereka hanya memerlukan imajinasi.

Berangkat dari hal tersebut, sebagai orangtua, sangat disarankan mendukung kreativitas anak agar semakin berkembang dan mengeksplor lebih luas imajinasi yang berada di luar nalar orang dewasa sekaligus untuk sarana mengawasi mereka. Sebagai contoh, orangtua bisa mengajak anak untuk menciptakan sesuatu yang baru dari benda-benda tidak terpakai menjadi sesuatu yang akan mendukung kegiatan bermain mereka.

Benda-benda tidak terpakai yang bisa diubah menjadi mainan ini salah satunya adalah kardus. Dari sebuah kardus sederhana, kita bisa menuntun anak untuk menciptakan hal baru. Hal ini tidak hanya akan mengasah kreativitas anak, tapi juga membantu tumbuh kembang mereka berupa meningkatkan kemampuan motorik, hingga menambah keterampilan baru.

Pada umumnya, dibandingkan anak laki-laki, anak perempuan lebih mungkin merasa tertarik untuk membuat hal baru seperti ini. Oleh sebab itu, berikut ini adalah cara-cara membuat mainan dari kardus untuk anak perempuan.

1. Membuat mainan berbentuk hewan

Kardus bisa dibuat menjadi berbagai macam hal, salah satunya adalah mainan berbentuk hewan.

Caranya pun tidak terlalu rumit. Yang harus dilakukan pertama tentu saja memiliki kardus. Pastikan bahwa bayangan mengenai mainan yang diinginkan sesuai dengan ukuran kardus yang dimiliki.

Setelah itu, gambar bentuk hewan yang diinginkan di atas kardus. Kemudian potong sesuai bentuk.

Agar mainan hewan bisa lebih menarik, beri warna-warna cerah sesuai selera bisa dengan krayon, spidol, ataupun cat warna. Bisa juga dengan menempelkan hiasan-hiasan yang dimiliki.

Jika bertanya-tanya mainan hewan itu akan dimainkan seperti apa, serahkan saja semuanya pada anak perempuanmu. Biarkan mereka mengembangkan sendiri imajinasi mereka mengenai mainan baru tersebut.

2. Membuat bando karakter imut

Bando ada bermacam-macam jenis dan bentuk. Bisa gunakan bando-bando yang sudah ada untuk nantinya dijadikan contoh saat ingin membuat bando yang terbuat dari kardus.

Untuk membuat bando imut, kamu dan anak harus memiliki bando polos yang nantinya akan digunakan. Kemudian, tentukan terlebih dahulu bando seperti apa yang diinginkan.

Jika sudah tahu, gambar pola karakter bando di atas kardus. Hiasan bando ini bisa apa saja, mulai dari hewan, telinga hewan, karakter kartun, dan lain-lain.

Setelah selesai membuat pola, gunting sesuai bentuk. Beri warna agar bando semakin lucu. Dan terakhir, tempelkan hiasan bando dengan bando polos yang dimiliki. Lem yang disarankan untuk menempelkan hiasan dan bando ini adalah lem tembak. Apabila sudah dilem, tunggu hingga kering, dan bando pun bisa digunakan.

3. Membuat mahkota

Anak perempuan biasanya suka sekali bermain peran menjadi seorang putri. Untuk bisa menjadi putri, mahkota adalah bagian yang harus dimiliki agar bermain peran menjadi lebih mendalami.

Membuat mahkota dari kardus sangatlah mudah. Pertama, ukurlah lingkar kepala anak. Jika sudah mengetahui ukurannya, gambar pola mahkota di kardus yang akan digunakan. Sangat disarankan untuk menggunakan kardus yang tergolong tipis dan mudah dibentuk.

Apabila sudah menggambar pola di kardus, maka yang perlu dilakukan setelahnya adalah gunting sesuai bentuk. Setelah itu, rekatkan bagian ujung dengan ujung mahkota menggunakan lem. Baiknya menggunakan lem tembak agar mahkota menempel dengan baik. Untuk membuat mahkota menjadi lebih cantik, arahkan anak untuk menghiasnya sesuai dengan kreativitas mereka.

4. Membuat kostum sayap peri

Banyak sekali anak perempuan yang suka sekali mengenakan kostum-kostum lucu dan cantik. Bukan rahasia lagi bahwa terkadang kostum-kostum itu memiliki harga yang tidak murah. Untuk mensiasati hal tersebut sekaligus untuk bersenang-senang bersama anak, orangtua bisa mengajak anak membuat kostum dari kardus. Misalnya seperti membuat kostum peri berupa sayap.

Jika ingin membuat kostum sayap peri, bahan yang harus dimiliki adalah kardus ukuran besar atau secukupnya, dan juga tali. Tali yang baiknya digunakan adalah pita agar anak merasa nyaman saat menggunakan, serta tampilannya juga lebih menarik.

Langkah yang harus dilakukan saat membuat sayap peri, yaitu pertama, gambar pola sayap di kardus yang digunakan. Pastikan ukuran sayap sesuai dengan ukuran tubuh anak, jangan sampai terlalu besar. Jika kedua sayap sudah selesai digambar, maka selanjutnya gunting pola sayap.

Kalau kardus yang digunakan tidak berukuran besar sehingga harus menggunakan kardus tambahan, maka bisa direkatkan dengan cara dilem dengan lem tembak. Atau bisa pula dengan disambungkan menggunakan pita. Caranya, beri lubang di antara bagian-bagian sayap, lalu sambungkan dengan pita. Lakukan seolah seperti sedang menjahit.

Agar tampilan kostum sayap peri menjadi lebih cantik, ajak anak untuk menghias sayap tersebut. Bisa gunakan cat warna, crayon, ataupun gliter.

*Penulis: Vania Ramadhani Salsabillah Wardhani.

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading