Sukses

Parenting

5 Mainan Anak Perempuan Usia 1 Tahun ke Atas untuk Dukung Tumbuh Kembangnya

Fimela.com, Jakarta Bermain merupakan kegiatan yang penting untuk anak. Tak hanya menyenangkan, bermain juga bisa membantu untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Melatih dan membantu perkembangan keterampilan motorik balita khususnya anak perempuan 1 tahun ke atas tentu mainan perlu disesuaikan dengan usianya. Setiap tahapan umur, anak akan selalu mempelajari sesuatu yang baru.

Saat menginjak usia 1 tahun ke atas, rasa ingin tahu Si Kecil akan semakin terlihat dibanding sebelumnya. Dalam fase ini, melalui gerakan, suara dan sejenisnya menjadi hal yang akan mendukung tumbuh kembangnya.

Dilansir Parents, Senin (29/11), Psikolog Robin Goodman, Ph.D, mengatakan, “Balita akan terpesona oleh sebab dan akibat sehingga mereka menikmati mainan apa pun yang merespons tindakannya dan memanfaaatkan keterampilan motorik yang baru diperolehnya,” tutur Robin.

Misalnya, anak akan suka dengan mainan yang memunculkan musik saat dimainkan. Beberapa mainan berteknologi tinggi untuk usia ini seperti huruf, bentuk atau angka saat di tekan tombolnya oleh Si Kecil. Meski pada usia ini terlalu dini untuk mempelajari huruf, namun ia akan menikmati berinteraksi dengan mainan seperti ini dan mengenal bahasa.

Selain itu, bermain pada usia 1 tahun ke atas sebagian besar difokuskan pada eksplorasi sensorik serta perkembangan motorik di mana mainan dengan memiliki tekstur berbeda guna anak meraih dan menyelidiki pilihan yang baik. Berikut beberapa mainan bagi anak perempuan 1 tahun ke atas untuk mendukung tumbuh kembangnya yang Fimela telah rangkum dari berbagai sumber.

1. Sortable Shapes

Mainan yang memiliki berbagai bentuk seperti segitiga, kotak dan lingkaran dan sebagainya yang kemudian anak memilah bentuk-bentuk tersebut akan memberi balita pengenalan awal teka-teki guna melatih keterampilan mereka dalam memecahkan masalah. Sebagian besar anak usia 1 tahun ke atas mungkin anak memasukkan bentuk bertekstur tersebut ke dalam mulut mereka, maka orangtua tetap harus mengawasi Si Kecil serta memastikan mainan tersebut tetap bersih.

2. Bola yang Bertekstur

Dilansir NY Times, baik anak balita laki-laki maupun perempuan akan mengalami fase di mana mereka akan terobsesi dengan bola. Keterampilan motorik halus bagi anak yang masih berkembang akan mencoba menggenggam dan menangkap mainan seperti bola-bola kecil. Cobalah untuk memberikan mainan seperti bola kecil yang memiliki tekstur dan berwarna-warni, nubby dan grippy.

3. Stacker Block on Stick

Terdapat banyak mainan dengan jenis stacker block on stick. Anak usia 1 tahun ke atas akan sangat senang mengurutkan sesuatu berdasarkan warna atau bentuk. Bahkan menara dengan bentuk berbeda menawarkan lebih banyak tantangan bagi balita. Mainan ini bisa terdiri dari balok-balok yang nantinya akan anak susun, menumpuk atau membangun menjadi sebuah bentuk sesuai kreativitas Si Kecil.

4. Mainan yang Menghasilkan Musik

Salah satu daya tarik anak 1 tahun ke atas adalah lampu warna-warni yang menyala dan tombol berukuran besar yang ketika ditekan akan menghasilkan sebuah melodi. Mainan ini memiliki berbagai jenis, bahkan ada pun buku yang juga menyediakan tombol untuk mengaktifkan musik.

5. Puzzle/Balok Pelangi

Puzzle kayu yang berbentuk pelangi menjadi mainan susun yang sangat menyenangkan untuk dilihat dan menyenangkan bagi anak perempuan. Dalam permainan ini, anak akan menyusun sesuai dengan urutan warna pelangi sehingga mereka bisa mengidentifikasi warna.

Dilansir The Strategist, set balok kayu berwarna-warni ini dapat disusun, ditumpuk, diseimbangkan dan digabungkan dengan yang lain lalu dirobohkan. “Menumpukan itu menyenangkan, tetapi bahkan jika mereka tidak cukup terkoordinasi untuk menumpuk mainan mereka, maka mereka akan senang menumpuknya kemudian dapat merobohkannya,” ujar Sarah MacLauglin, pakar perkembangan anak.

Itulah beberapa rekomendasi mainan anak perempuan untuk usia 1 tahun ke atas guna mendukung tumbuh kembangnya. Yuk, ajak anak bermain!

 

*Penulis: Atika Riyanda Roosni.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Rekomendasi Mainan Anak Laki-laki Umur 7 Tahun untuk Optimalkan Tumbuh Kembangnya
Artikel Selanjutnya
4 Rekomendasi Mainan Edukasi untuk Anak Usia 1 Tahun, Optimalkan Tumbuh Kembang si Kecil