Sukses

Parenting

3 Cara Ini Dapat Membantu Anda Membesarkan Anak Pintar dan Berprestasi

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua ingin memiliki anak pintar dan berprestasi di sekolah, tetapi membesarkan anak dengan beragam kriteria tidaklah mudah karena setiap manusia tidak sama dalam segala hal. Bahkan beberapa anak kerap memiliki perkembangan yang tidak akan selalu sama. Cara orangtua dalam membesarkan anak pun juga jadi salah satu faktor penentu perkembangan anak itu nantinya.

Dikutip dari Time.com, para orangtua pun harus pintar-pintar dalam membesarkan anak agar kelak anak menjadi pintar dan juga berprestasi. Idealnya anak akan belajar cara bagaimana belajar yang baik, menyimpan informasi, berpikir secara mandiri, mengajukan pertanyaan dan mengembangkan rasa kompetensi yang meningkat.

Untuk Anda para orangtua, yuk kita intip beberapa tips berikut yang dapat membantu dalam proses membesarkan anak agar anak pintar dan juga berprestasi.

 

 

1. Pelajaran Musik

Penelitian menunjukan bahwa pelajaran musik dapat membuat anak-anak lebih pintar. Dibandingkan dengan anak-anak pada umumnya, mereka yang mempelajari pelajaran musik menunjukan peningkatan IQ yang lebih besar dibanding mereka yang tidak mengikuti pelajaran musik. 

Maka dari itu, ada baik nya para orangtua untuk mulai peduli untuk mengajak anak mengikuti pelatihan musik sejak dini. Pelatihan musik mempertajam kemampuan seseorang untuk mengenali emosi dalam suara. Hal ini juga membantu anak mengembangkan fleksibilitas yang lebih besar dalam menanggapi situasi.

2. Melakukan Kegiatan Olahraga

Bantu anak anda untuk menyukai olahraga sebagai hobi dan belajar sebagai keharusan karena faktanya setelah olahraga, orang-orang dapat mempelajari kosakata baru 20% lebih cepat daripada mereka yang tidak berolahraga. 

Dalam sebuah studi tahun 2007 tentang manusia, peneliti Jerman menemukan bahwa orang belajar kata-kata kosa kata 20 persen lebih cepat setelah berolahraga daripada sebelum berolahraga. Dalam studinya, peneliti tersebut menempatkan sekelompok sukarelawan pada pola latihan olahraga selama tiga bulan dan kemudian memotret otak mereka. Hasil yang di dapat adalah bahwa volume kapiler di area memori mereka meningkah 30%.

 

3. Tetap disiplin

Mendisiplinkan anak lebih penting daripada hasil IQ, Karena mendisiplinkan diri mereka akan berguna untuk kesuksesannya kelak. Kemauan keras adalah satu-satunya kunci terpenting untuk kesuksesan anak. Anak yang menggunakan kemauan keras tingkat tinggi lebih mungkin untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi di kelas dan masuk ke sekolah yang lebih selektif. Maka dari itu sebagai orangtua mulailah untuk mendisiplinkan anak agar kelak menjadi pintar dan juga berprestasi.

Penulis : Saffa Sabila

#Woman For Woman

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading