Sukses

Parenting

Asupan Ibu Hamil agar Bayi Cerdas

Fimela.com, Jakarta Kehamilan datang dengan serangkaian perubahan fisik dan emosional yang tampaknya sulit untuk dikelola. Di momen penting ini, kamu sebagai ibu hamil harus sangat sadar tentang apa yang harus dimakan dan apa yang tidak boleh dimakan.

Dikutip dari parenting.fisrtcry.com, makanan memainkan peran penting dalam setiap aspek kehidupan. Sementara asupan makanan yang tepat dapat membuat anak cerdas dan sehat, makanan yang salah dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya secara drastis. Maka dari itu penting bagi ibu hamil memperhatikan makanan yang dapat membantu bayi agar lahir dengan sehat dan cerdas.

1. Ikan berlemak

Asam lemak omega-3 merupakan bagian integral dari perkembangan otak bayi kamu. Ibu hamil harus makan ikan salmon untuk melahirkan anak yang cerdas. Usahakan untuk makan setidaknya dua atau lebih porsi ikan per minggu. Pilihan lain dalam makanan laut termasuk tiram yang kaya akan yodium. Ibu hamil dengan kadar yodium rendah harus memperhatikan bahwa kecerdasan bayi mereka dapat terpengaruh secara negatif jika tingkat kesehatan yang sama tidak dipertahankan.

 

2. Sayuran berdaun hijau

Dari bayam hingga sayuran hijau yang kaya akan asam folat, makan sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan tertentu penting karena membantu menjaga otak bayi kamu terlindungi dari kerusakan jaringan. Asam folat dalam sayuran juga dikenal dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf, menghilangkan bibir sumbing dan berbagai kelainan jantung pada bayi. Kamu juga mengurangi risiko preeklamsia selama kehamilan ketika kamu memastikan untuk menjaga asupan makanan atau suplemen yang kaya asam folat.

3. Telur

Telur tinggi protein dan rendah kalori, terutama telur rebus. Mereka mengandung asam amino yang disebut kolin yang telah terbukti membantu perkembangan otak dan meningkatkan memori juga. Pastikan juga bahwa kamu menghindari telur yang tidak dipasteurisasi karena mengandung bakteri yang dapat menyebabkan komplikasi.

4. Almond

Almond memiliki kandungan lemak sehat, magnesium, vitamin E, dan protein. Asam lemak omega-3 yang meningkatkan otak banyak ditemukan dalam kacang almond. Mengkonsumsi segenggam almond setiap hari dianjurkan untuk melahirkan anak-anak yang cerdas sejak lahir. Makan kacang selama kehamilan juga dapat membantu bayi mengembangkan kecerdasan; kenari kaya akan asam lemak omega-3 yang sehat juga.

5. Keju

Vitamin D sangat penting untuk perkembangan kognitif bayi. Ibu hamil dengan kadar vitamin D yang rendah dalam tubuhnya dapat melahirkan bayi dengan tingkat IQ yang rendah. Jika kamu menginginkan bayi yang cerdas dengan IQ yang sehat, pastikan kamu untuk menambah dosis keju!

 

Tips dan tindakan pencegahan yang perlu diketahui

Apa yang kamu makan dapat memengaruhi perkembangan bayi kamu, jadi pastikan untuk memperhatikan hal-hal berikut.

  • Pastikan untuk memantau semua yang kamu masukkan ke dalam mulut kamu dan ingatlah tentang memilih makanan segar dan organik untuk dimakan selama kehamilan untuk bayi yang cerdas.
  • Hindari makanan olahan, zat manis dan pasti menghindari hal-hal seperti alkohol, merokok, dan apa pun yang berkontribusi pada gaya hidup yang tidak sehat.
  • Hindari daging mentah, ikan dengan merkuri, kerang mentah dan kafein, karena ini meningkatkan kemungkinan kontaminasi, sehingga menyebabkan komplikasi dan/atau keguguran.
  • Pastikan kamu mencuci buah dan sayuran yang dimakan dengan baik sebelum memotongnya. Kuman, jika tidak dihilangkan dengan benar, dapat memasuki daging buah saat dipotong dan ini dapat menyebabkan masalah bagi kamu dan bayi kamu yang belum lahir di kemudian hari.

 

*Penulis: Saffa Sabila.

What's On Fimela
Loading