Sukses

Parenting

Mengenal Happy Parenting, Rahasia Bahagia Menjadi Orangtua

Fimela.com, Jakarta Membesarkan anak bisa menjadi pekerjaan yang sulit bagi para orangtua. Pekerjaan tanpa pamrih ini juga bisa menjadi suatu pekerjaan yang sangat memuaskan. Namun, apakah pekerjaan ini selalu berjalan dengan mudah?

Jawabannya, tentu tidak. Kamu bisa menemukan hari-hari di mana kamu ingin menangis karena sulitnya merawat anak. Walau begitu, dengan beberapa perubahan penting, siapa pun bisa mengupayakan happy parenting.

Sebenarnya, apa itu happy parenting dan arti sesungguhnya? Fimela sudah merangkum penjelasan mengenai happy parenting sekaligus tips parenting bahagia dikutip dari Healthline!

Arti happy parenting

Istilah happy parenting atau orangtua yang bahagia tampak ambigu dan membingungkan. Namun, ide dan arti di baliknya sebenarnya cukup sederhana. Orangtua yang bahagia adalah individu yang menemukan kegembiraan di hampir setiap harinya,

Para orangtua tersebut tahu ada hikmahnya di setiap cobaan yang menimpa. Selain itu, orangtua yang bahagia menghargai peran mereka sebagai orangtua. Para orangtua itu juga selalu mengingatkan diri mereka sendiri bahwa nantinya anak semakin dewasa.

Setelah sadar akan hal itu, orangtua bisa memahami waktu yang mereka anggap berat saat ini akan berakhir dengan senyuman di kemudian hari. Walau terkesan mudah diucapkan, kamu bisa mulai dengan mengubah perspektifmu.

Rahasia mengasuh anak dengan bahagia

Menurut penelitian di tahun 2009, mengasuh anak dapat meningkatkan kepuasan hidup terlepas tantangannya. Namun, hasil ini juga dipengaruhi oleh faktor individu, seperti kepribadian.

Jadi, apa yang dapat kamu kendalikan untuk menjadi orangtua yang lebih bahagia? Salah satu contohnya adalah dengan tidak selalu memaksakan sesuatu untuk selalu menjadi bahagia. 

Sebaliknya, orangtua yang bahagia justru menemukan hal baik saat di masa sulit. Jadi, kamu harus memahami jika mengasuh anak memiliki dinamika. Saat kamu sudah bisa berdamai dengan dinamika itu, rasa bahagia akan selalu menyertaimu.

 

*Penulis: Ersya Fadhila Damayanti.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading