Sukses

Parenting

How To: 5 Cara Mengajari Anak Usia Dini Menyikat Gigi

Fimela.com, Jakarta Kesehatan mulut yang baik sangat penting bagi anak-anak sejak usia dini. Namun, kebanyakan orang tua kesulitan mengajari anak mereka praktik kebersihan mulut yang baik. Orang tua harus mengetahui pentingnya kebersihan mulut yang baik sejak usia sangat muda.

Mengajarkan anak menyikat gigi sangatlah penting. Menyikat gigi secara teratur dan menyeluruh sangat penting untuk mencegah kerusakan gigi, penyakit gusi, kehilangan gigi, dan bahkan bau mulut. Meskipun kebiasaan yang baik dan teknik yang tepat sangat penting.

Pendekatan terbaik untuk mengajari anak Anda menikmati menyikat gigi adalah dengan menghilangkan stigma negatif yang terkait dengannya. Alih-alih membuatnya menjadi tugas, idenya adalah membuat membersihkan gigi menjadi pengalaman yang menyenangkan dan nyaman.

Saat anak menyikat gigi, ada beberapa tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk mengajari mereka cara menyikat gigi yang menyenangkan

Dilansir dari pediatricdentistryofburke.com, Senin (22/8/2022), Berikut ini merupakan cara untuk memulai mengajarkan anak usia dini sikat gigi.

5 tips mengajari anak menyikat gigi

1. Mulai Menyikat Gigi Sejak Usia Dini

Mengajari anak sikat gigi sedari kecil dapat memudahkan anak dapat nyaman dan memahami konsep menyikat gigi secara rutin. jadikan kegiatan ini menjadi rutinitas yang nyaman dan menyenangkan. Setelah anak dan Anda memiliki rutinitas yang baik. Anda harus benar-benar menjelaskan pentingnya menyikat gigi.

Penting untuk mengajari anak-anak tentang gigi berlubang, bau mulut, dan kerusakan gigi. Anak-anak tidak ingin kuman berbahaya di mulut mereka. Anda harus mengingatkan anak Anda bahwa menyikat akan menghasilkan senyum yang indah. Jika Anda mulai sejak usia dini, maka mereka tidak akan tahu bedanya dan lebih mau menyikat.

2. Menyikat Gigi Bersama Anak

Buatlah pengalaman menyikat gigi menjadi menyenangkan. Seperti yang kita ketahui, anak-anak suka meniru semua yang kita katakan dan lakukan. Jadi, ajak mereka sikat gigi bersama. Anda harus mengambil sikat gigi Anda dan menikmati rutinitas menyikat gigi bersama.

Kegiatan ini bisa dijadikan pendekatan yang bagus untuk memastikan bahwa setiap orang menyikat gigi dalam waktu yang tepat. Anda bahkan mungkin mempertimbangkan untuk membuat game tentang menyikat gigi. 

Permainan bisa dimulai dengan mengambil timer dan mengaturnya selama 2 menit. Selama dua menit itu, saat Anda menyikat gigi, bersainglah untuk melihat siapa yang bisa membuat gelembung pasta gigi paling banyak. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengadakan kontes tersenyum di cermin setelah berkumur atau menikmati permainan "menyikat" yang menghibur lainnya.

 

3. Biarkan Mereka Memilih Pasta Gigi dan Sikat Giginya

Sudah banyak merek sikat gigi dan pasta gigi memiliki produk yang ditujukan untuk anak-anak. Walaupun merek tersebut merupakan merek favorit Anda. Pastikan ada produk pediatrik yang dibuat oleh merek yang sama. Sebaiknya ajak si kecil ke toko bersama Anda dan biarkan mereka memilih sikat gigi dan pasta giginya sendiri.

Dengan begitu banyak pola warna, rasa, dan karakter favorit yang menyenangkan pada label, seringkali sulit untuk memilih satu saja. Bahkan, akan sangat membantu jika mereka memilih beberapa sikat gigi atau jenis pasta gigi yang berbeda, sehingga mereka memiliki pilihan untuk menggantinya di sana-sini.

Anda mungkin juga menemukan bahwa beberapa rasa pasta gigi tidak menyenangkan seperti yang diantisipasi banyak anak ketika membuat keputusan. Ini adalah alasan lain mengapa mungkin ide yang baik untuk meminta mereka memilih beberapa rasa yang berbeda. Jika rasa permen karet tidak populer, maka keluarkan yang rasa berry.

Sikat gigi berputar bisa sangat menyenangkan bagi anak-anak dan efektif untuk menggosok gigi kecil itu. Bahkan ada beberapa sikat yang memutar musik atau nada-nada konyol sebelum dimatikan pada tanda 2 menit, menandakan kepada anak-anak Anda bahwa mereka telah menyelesaikan waktu menyikat mereka.

 

4. Puji Keterampilan Menyikat Mereka

Mungkin tidak ada yang lebih memotivasi anak-anak selain memiliki pemandu sorak di sisi mereka, terutama ketika pemandu sorak itu adalah orang tua mereka. Inilah mengapa sangat penting untuk memuji keterampilan menyikat anak Anda dan mendorong mereka untuk menyikat dua kali sehari secara rutin.

Jangan khawatir tentang kekacauan yang mungkin mereka buat karena pasta gigi di meja atau di wastafel. Idenya adalah untuk fokus pada membiarkan anak-anak melakukan semuanya sendiri dan menyemangati mereka saat mereka melakukannya.

Penguatan positif adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa anak-anak membawa rutinitas kebersihan gigi yang baik ini bersama mereka selama sisa hidup mereka. Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menempatkan grafik di dinding dan menempelkan stiker di sebelah nama mereka setelah mereka menyikat gigi dua kali sehari dan ketika mereka menggunakan benang gigi.

5. Pilih Dokter Gigi yang Tepat

Memilih penyedia layanan gigi yang tepat adalah langkah penting lainnya dalam mengajari anak-anak Anda tentang kebersihan gigi yang baik. Meminta dokter gigi anak-anak Anda untuk memberi mereka acungan jempol untuk menyikat sendiri adalah cara yang luar biasa untuk mendorong mereka. Mendapat acungan jempol persetujuan dari orang tua Anda adalah satu hal, tetapi itu adalah permainan bola lainnya ketika Anda menerima dorongan dari figur otoritas yang mengenakan jaket putih.

Penyedia gigi yang tepat juga akan memberi Anda umpan balik tentang tip dan trik lain selama kunjungan Anda. Ia harus menemukan cara untuk membuat kunjungan anak-anak Anda ke dokter gigi menyenangkan dan bebas stres

 

*Penulis: Sri Widyastuti.

What's On Fimela
Loading