Sukses

Parenting

5 Tips Mengajarkan Anak untuk Mencintai Diri Sendiri

Fimela.com, Jakarta Mencintai diri sendiri sangat penting ditanamkan pada semua orang, termasuk anak-anak. Bukan sebatas rutinitas perawatan diri, namun mencintai diri sendiri adalah bagaimana cara kita memandang diri yang berpengaruh pada setiap aspek kehidupan.

Sebelum mencapai usia dewasa, anak-anak perlu diajarkan apa itu mencintai diri sendiri dan bagaimana cara melakukannya. Dengan begitu, ketika anak dihadapkan dengan gagasan bahwa penampilan atau apa yang ada pada diri mereka itu buruk, mereka akan percaya diri dan siap menghadapi berbagai komentar negatif. Lalu bagaimana cara mengajarkan anak untuk mencintai diri sendiri? Melansir dari Honey Kids berikut beberapa tips yang dapat dicoba.

1. Jangan Katakan Hal Negatif Tentang Diri Sendiri

Anak akan mencerminkan tindakan orang tua terhadap dirinya sendiri. Bagaimana mom memandang diri sendiri akan menjadi contoh untuk anak memperlakukan mom. Tunjukan pada anak bahwa menghabiskan waktu untuk perawatan diri, melakukan hal yang disukai, dan lainnya adalah hal baik. Anak akan mengerti bahwa mengutamakan diri sendiri adalah penting.

2. Validasi Rasa Tidak Percaya Diri Anak

Saat anak merasa tidak nyaman, tidak aman, atau tidak percaya diri mereka mungkin akan bersembunyi dibalik tubuh orang tuanya. Bila hal ini terjadi, cukup validasi perasaan anak dan jangan memaksakan pola pikir positif. Emosi yang tervalidasi akan lebih mudah ditangani. Setelah itu, barulah bicarakan pola pikir positif dengan anak.

3. Tanyakan Pada Anak Bagaimana Perasaan Mereka Tentang Diri Mereka

Terkadang anak perlu didorong untuk melihat ke dalam diri mereka dan mencari tahu bagaimana perasaan mereka akan diri sendiri. Seringlah berdiskusi dengan anak akan pandangan mereka terhadap diri sendiri. Hal ini akan membantu anak mengenal diri mereka sendiri dan menciptakan jalan untuk berhubungan dengan emosi mereka.

4. Mencintai Diri Sendiri Tidak Egois

Jelaskan kepada anak bahwa mencintai diri sendiri sama pentingnya dengan memperlakukan orang lain dengan baik. Kita sering diajarkan untuk bersikap baik pada orang lain tetapi lupa melakukannya untuk diri kita sendiri. Mengajarkan self love pada anak memungkinkan mereka untuk menghormati diri mereka. Ketika mereka berhasil melakukan self love dan bahagia sebagai hasilnya, mereka akan menyebarkan energi positif itu ke orang lain.

5. Berikan Pujian

Memuji anak adalah cara mudah untuk membuat mereka merasa dihargai dan diakui. Hal ini karena pujian menunjukkan bahwa mereka melakukan pekerjaan dengan baik dan membuat orang lain bangga. Berikan pujian secukupnya, jangan berlebihan. Selain itu, jangan hanya memuji hasil yang baik. Hasil dari usaha anak mungkin tidak selalu sempurna, namun apresiasilah usaha dan jerih payah mereka.

Mencintai diri bermain peran dalam setiap aspek seperti kesehatan mental, kepercayaan diri, dan banyak lagi. Prosesnya mungkin tidak mudah dan tidak instan. Namun dengan konsisten dan sabar anak pasti mampu menerapkan self love. Jangan lupa untuk cintai diri sendiri juga mom!

Penulis: Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading